Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Para Insomnia, Cek Nih 5 Minuman yang dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Berikut adalah lima minuman yang didukung para ahli untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  13:54 WIB
Para Insomnia, Cek Nih 5 Minuman yang dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak
Teh herbal - boldsky.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semua orang membutuhkan waktu untuk tidur, setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari. Tetapi terkadang, saat waktu tidur tiba, Anda mungkin sulit untuk tertidur. Mungkin ada hal-hal yang masih harus Anda lakukan seperti pekerjaan rumah, scrolling media sosial, atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Atau bisa jadi, Anda mengalami insomnia.
 
Insomnia memiliki banyak penyebab, dan tidak ada obat penawar yang memungkinkan Anda menilai waktu tidur yang Anda butuhkan. Tetapi minuman yang Anda minum pada jam-jam menjelang waktu tidur dapat membantu sehingga Anda merasa lebih rileks, sehingga lebih mudah untuk terhanyut ke alam mimpi.
 
Berikut adalah lima minuman yang didukung para ahli untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, melansir Health, Jumat (29/10/2021).

1. Secangkir teh herbal

Teh herbal bisa menjadi ritual yang menenangkan untuk dimasukkan ke dalam rutinitas relaksasi Anda. Ahli diet pengobatan integratif yang berbasis di New York City, Robin Foroutan, MS, RDN, secara khusus merekomendasikan teh Tulsi (juga dikenal sebagai teh Holy Basil), yang dapat menurunkan kadar kortisol (alias, kadar hormon stres kortisol) dan membantu Anda mencapai tidur yang lebih berkualitas.
 
Ritual menyeruput teh memiliki manfaat tersendiri. Ini tidak hanya membuat rileks, tetapi juga memberi isyarat pada tubuh dan pikiran Anda bahwa sudah hampir waktunya untuk tidur.

2. Latte kunyit

Anda mungkin pernah mendengar bahwa segelas susu hangat sebelum tidur bisa menenangkan. Ini mungkin tidak berlaku bagi mereka yang sensitif terhadap laktosa dalam produk susu. Namun jangan khawatir, masih ada alternatif lain pengganti susu.
 
Pilih susu nabati sebagai bahan dasar Anda, seperti almond, jambu mete, atau susu oat, dan hangatkan dengan satu sendok teh kunyit rempah, yang memiliki kekuatan anti-inflamasi. Aduk rata, maniskan dengan madu manuka, dan taburi dengan pala bubuk, cengkeh, dan/atau kayu manis di atasnya.
 
Kombinasinya adalah anti-inflamasi, dan madu manuka sangat bagus untuk kesehatan usus dan kekebalan tubuh Anda.

3. Air biasa atau infused water

Ada alasan mengapa banyak orang menyimpan segelas H20 di samping tempat tidur mereka di malam hari: Minuman ini bebas kalori, tidak mengandung gula tambahan, dan membuat Anda merasa terhidrasi. Untuk tidur nyenyak di malam hari, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak air di pagi hari. Tetapi, hindari minum air terlalu banyak sebelum tidur karena dapat membangunkan Anda di tengah malam untuk ke kamar mandi.

4. Jus ceri asam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup jus ceri dapat membantu tidur, terutama bagi orang yang menderita insomnia.
 
Dalam satu penelitian kecil terhadap orang dewasa di atas usia 50 tahun, mereka yang minum 8 ons jus ceri asam dua kali sehari selama dua minggu mendapat tambahan waktu tidur 84 menit dibandingkan dengan subjek penelitian yang mengonsumsi minuman plasebo, menurut American Journal of Therapeutics.
 
Bahan kimia tertentu dalam ceri tart meningkatkan ketersediaan triptofan, asam amino yang terlibat dalam produksi neurotransmitter serotonin, yang terkait dengan tidur yang sehat. Bukan penggemar minuman asam? Coba gabungkan dengan air untuk menyesap lebih sedikit asam dan lebih memuaskan.

5. Secangkir ashwagandha

Ashwagandha adalah ramuan obat, dan dapat membantu untuk tidur, Alex Dimitriu, MD, yang bersertifikat ganda dalam psikiatri dan obat tidur dan pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine di California, mengatakan kepada Health. Ini dianggap sebagai adaptogen, alias tanaman yang dianggap membantu tubuh beradaptasi dengan stres.
 
Penelitian yang muncul, termasuk penelitian kecil pada 60 orang dewasa di jurnal Cureus, telah menemukan bahwa mengonsumsi ashwagandha membantu mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kualitas tidur.
 
“Ini mungkin sangat berguna dalam mengurangi kecemasan,” kata Dr. Dimitriu. Anda dapat menemukan ashwagandha dalam minuman siap saji, campuran teh, dan sebagai bubuk yang dapat Anda aduk ke dalam minuman pilihan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minuman tidur insomnia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top