Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TikTok Lakukan Uji Coba Fitur Tip Dengan Content Creator 

Para kreator TikTok dapat menjadi bagian dari pengujian fitur baru ini dengan mengajukan permohonan.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  20:24 WIB
Fitur Tips adalah dorongan terbaru TikTok menuju monetisasi dan membantu para kreator memperoleh penghasilan melalui platformnya. - Bloomberg/Brent Lewin
Fitur Tips adalah dorongan terbaru TikTok menuju monetisasi dan membantu para kreator memperoleh penghasilan melalui platformnya. - Bloomberg/Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok sedang menguji fitur tip di platformnya yang memungkinkan pembuat konten menerima uang dari penggemar di luar streaming "TikTok LIVE". 

Melansir pada techcrunch.com, Jumat (29/10/2021), perusahaan telah mengonfirmasi bahwa fitur tersebut adalah bagian dari pengujian terbatas untuk saat ini dan belum tersedia secara meluas. 

Kreator TikTok Jera Bean, saat pertama kali melihat fitur tersebut akhirnya memposting video yang menampilkan opsi baru tersebut, sampai akhirnya disorot oleh seorang konsultan media sosial Matt Navarra di Twitter.

Pada video milik Jera Bean tersebut menunjukkan fitur baru Tip yang terletak pada pengaturan akun TikTok-nya serta terlihat mengenai persyaratannya yang merinci. 

Diketahui bahwa para kreator TikTok dapat menjadi bagian dari pengujian fitur baru ini dengan mengajukan permohonan, setelah sebelumnya memenuhi syarat tentang jumlah pengikut setidaknya 100.000 orang dan memiliki reputasi baik. 

Setelah kreator mengirimkan pengajuan untuk mengaktivasi fitur tersebut, selanjutnya mereka akan diberi tahu saat akunnya berhasil disetujui. Kreator yang telah disetujui akan diberikan tombol "Tips" di profilnya, yang dapat digunakan para pengikutnya untuk mengirimkan pembayaran langsung. 

Selain itu, laman "Tips" juga berfungsi mencatat bahwa uang yang diterima oleh kreator akan langsung diberikan kepada mereka tanpa adanya pemotongan, untuk saat ini. 

Meskipun begitu, belum diketahui apakah TikTok berencana untuk mengambil bagian dari Tips di masa mendatang jika fitur tersebut berhasil berkembang melewati tahap pengujian. 

Juru Bicara TikTok menyampaikan, “Kami selalu memikirkan cara-cara baru untuk memberikan nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,” mengutip pada techcrunch.com (29/10/2021). 

Fitur Tips adalah dorongan terbaru TikTok menuju monetisasi dan membantu para kreator memperoleh penghasilan melalui platformnya. Diketahui pada tahun lalu, perusahaan telah mengeluarkan dana sebesar US$200 juta yang ditujukan untuk membantu kreator di AS menambah penghasilan mereka.  

Tidak hanya itu, TikTok juga membantu kreator menandatangani kemitraan merek dan kesepakatan sponsor, serta menyediakan monetisasi untuk siaran langsung. Mempertimbangkan fokus TikTok pada upaya monetisasi, tidak mengagetkan bagaimana perusahaan bereksperimen dengan cara kreator langsung menerima uang dari pengikutnya. 

Kendati demikian, TikTok bukan satu-satunya platform media sosial yang ingin menawarkan lebih banyak cara kepada kreatornya untuk menghasilkan uang, karena fitur Tips terbarunya ini mirip dengan fitur "Tip Jar" di Twitter yang diluncurkan awal tahun 2021. 

Fitur Tip Jar yang mirip dengan pendekatan fitur Tip milik TikTok tersedia untuk sekelompok pengguna tertentu termasuk organisasi nirlaba, jurnalis, pakar, dan pembuat konten. 

Fitur Tip langsung TikTok dan Twitter tampaknya menjadi cara bagi perusahaan untuk bersaing dengan platform digital lain seperti Instagram dan YouTube yang telah menawarkan cara menguntungkan bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konten TikTok
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top