Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akun Gmail Anda Kehabisan Kapasitas Penyimpanan ? Lakukan Cara Ini

Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan di akun gmail Anda, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  08:46 WIB
Ilustrasi Gmail
Ilustrasi Gmail

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda pengguna akun google mail alias Gmail lama, mungkin saat ini akan ada muncul notifikasi ruang penyimpanan Anda hampir habis. 

Ini juga yang saya alami. Tapi, untuk beralih dari gmail rasanya masih sulit, karena hampir semua aplikasi saya terhubung dengan email tersebut. 

Dilansir dari Washington Pos, jika Anda termasuk salah satu seperti saya yang kehabisan ruang Gmail, jangan langsung beralih ke layanan pesaing. Mengosongkan ruang dengan mudah dengan beberapa alat Google yang tersembunyi adalah solusinya.

Daripada Anda harus membuat akun alamat email baru yang akan merepotkan.

Jika akun Anda hampir kehilangan ruang penyimpanan gratis, maka ada dua opsi yang ditawarkan. Bayar untuk penyimpanan lebih banyak atau gunakan lebih sedikit.

Google menawarkan tiga opsi penyimpanan bayar sebesar 100 GB seharga US$1,99 atau Rp28.000an per bulan, 200 GB seharga US$2,99 atau Rp42.000an per bulan, atau 2.000 GB seharga US$9,99 per bulan atau Rp141.000an. 

Tapi, jika Anda malas untuk berbayar dan memilih untuk menghapus data-data lama Anda, maka mulailah dengan menghapus file foto dan video berukuran besar.

Halaman pengelolaan penyimpanan ini membantu mengelompokkan foto dan video berukuran besar serta foto dan tangkapan layar buram sehingga Anda dapat menghapusnya dengan mudah. (Anda harus masuk ke akun Google Anda agar bisa berfungsi.)

Jika itu tidak berhasil, buka halaman ini dan periksa apakah ada email yang dihapus, email spam, lampiran email besar, atau email besar lainnya. file untuk dibersihkan.

Anda dapat melalui proses yang sama ini dari perangkat seluler Anda dengan menggunakan aplikasi Google One, yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Berhati-hatilah sebelum Anda menghapus file secara massal, terutama lampiran. Jangan sampai data penting Anda terbuang begitu saja.

Jika penyimpanan akun Google Anda penuh dan Google Foto adalah penyebabnya, Anda bisa pakai opsi penyimpanan cloud yang berbeda untuk foto dan video Anda. Tetapi Anda juga akan mengalami masalah yang sama karena harus membayar untuk penyimpanan ekstra.

Jika Anda menggunakan perangkat Apple dan sudah menyimpan data di iCloud, langkah Anda sudah benar. Apple mengenakan biaya US$0,99 per bulan untuk penyimpanan 50 GB pada paket langganan iCloud+, US$2,99 untuk 200 GB, dan US$9,99 untuk 2.000 GB. Anda dapat membeli lebih banyak penyimpanan untuk akun iCloud Anda dari iPhone atau iPad dengan membuka Pengaturan > Nama Anda > iCloud > Kelola Penyimpanan atau Penyimpanan iCloud. Di komputer Mac, buka menu Apple > Preferensi Sistem > ID Apple > iCloud > Kelola (di pojok kanan bawah).

Selain itu, ada juga ada Dropbox yang menawarkan opsi penyimpanan terbesar, dengan paket “Profesional” 3.000 GB seharga $19,99 per bulan.

Dan OneDrive Microsoft memiliki paket Microsoft 365 pribadi dan keluarga, keduanya hadir dengan 1.000 GB per orang, bersama dengan aplikasi Office seperti Word dan Excel. Paket pribadi adalah $6,99 per bulan, dan paket keluarga adalah $9,99 per bulan untuk maksimal enam orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

email gmail
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top