Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Cepat Sembuh dari Flu

Buat Anda yang saat ini sedang terserang flu, berikut tips agar bisa sembuh dengan cepat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 November 2021  |  12:51 WIB
Gejala Flu.  - AntaraNews
Gejala Flu. - AntaraNews

Bisnis.com, JAKARTA - Flu adalah infeksi pernapasan utama di mana gejala mulai muncul 2-5 hari pasca kontraksi. Sekarang, sementara sebagian besar gejalanya sangat mirip dengan pilek, alergi, atau bahkan COVID-19, gejalanya sendiri dapat bertahan selama 5-7 hari.

Dalam kasus yang lebih parah, di mana seseorang mungkin menderita kondisi imunosupresan yang sudah ada sebelumnya, dibutuhkan waktu lebih lama untuk melawan infeksi.

Dalam kebanyakan kasus, pemulihan penuh terjadi dalam waktu 2 minggu. Namun, seseorang masih dapat terus pulih dari beberapa gejala, atau merasa lemah atau lelah, bahkan jika infeksi telah berhasil dilawan.

Karena itu, sementara rencana pemulihan biasa bergantung pada pengobatan simtomatik, istirahat dan pemulihan, berikut adalah beberapa cara bermanfaat untuk pulih lebih cepat dari flu, dan meredakan gejala dilansir dari Times of India :

1. Tetap di rumah dan istirahat

Sekarang, sementara kami menekankan bahwa flu relatif kurang menular daripada COVID-19, tetap disarankan untuk tinggal di rumah , dan hindari keluar rumah sampai gejala infeksi berkurang secara signifikan. Tetap di rumah, istirahat yang cukup dan tidur adalah strategi terbaik untuk melawan flu secara alami.

Sederhananya, ketika Anda memulihkan diri dari flu, tubuh sangat rapuh, dan jika Anda keluar atau melakukan tugas-tugas rutin, Anda tidak hanya berisiko menyebarkan gejala ke orang lain, tetapi juga akan merasa jauh lebih lemah, dan stres, yang pada akhirnya dapat memperpanjang pemulihan. Disarankan juga bahwa ketika Anda berinteraksi dengan orang lain, atau memiliki gejala pernapasan seperti batuk atau pilek, masker digunakan untuk mengurangi risiko penularan.

2. Hidrasi diri Anda dengan baik

Dehidrasi bisa menjadi komplikasi yang dapat berasal dari melawan flu, terutama bila Anda tidak terlalu berhati-hati dengan diet atau tingkat hidrasi Anda. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mempercepat pemulihan Anda adalah dengan banyak minum - minuman bergizi, menenangkan dan menghidrasi, yang juga akan melegakan tenggorokan dan membersihkan sinus.

Selama pemulihan Anda, pastikan Anda memiliki setidaknya 1-2 liter air, dan tingkatkan asupan cairan oralit Anda juga. Namun, tetap konsumsi minuman berkafein seminimal mungkin karena dapat membuat Anda dehidrasi.

3. Minum obat sesuai aturan

Meskipun memerangi flu bisa menjadi penyakit yang sangat rutin, kami juga memiliki banyak obat bebas yang tersedia dengan mudah untuk melawan flu. Namun, obatnya bisa sangat berbeda, dan penting untuk tidak mengobati sendiri saat sakit. Minum obat sesuai dengan gejala Anda saat ini, dan hanya setelah memeriksakan diri ke dokter.

Ada juga banyak antivirus yang tersedia untuk melawan flu, yang dapat dikonsultasikan sebelum digunakan. Kebutuhan akan antivirus juga sangat bervariasi, dan bergantung pada kasus per kasus.

4. Perhatikan kondisi yang sudah ada sebelumnya, jika ada

Flu bisa menjadi ancaman yang lebih besar jika Anda sudah menderita kondisi seperti diabetes, B.P. atau penyakit jantung. Sementara faktor risiko tersebut memerlukan perawatan yang lebih tepat, infeksi virus juga dapat mengganggu parameter kesehatan vital, meningkatkan kadar gula darah atau meningkatkan kadar kolesterol (karena makanan yang Anda makan, atau obat yang hilang).

Oleh karena itu, selalu disarankan agar seseorang yang menderita diabetes atau B.P. terus pantau tanda vital mereka lebih sering ketika mereka terkena flu, minum semua obat yang diperlukan. Semakin Anda mengendalikan prasyarat Anda, semakin baik dan mudah untuk melawan flu.

5. Menambah kelembapan di dalam ruangan

Saat Anda terkena flu, hidung tersumbat bisa jadi sangat tidak nyaman, masalah sinus yang bisa membuat Anda sulit bernapas dengan benar. Untuk menghindari masalah seperti itu, disarankan untuk menambahkan beberapa bentuk kelembapan ke ruangan tempat Anda beristirahat. Cobalah mandi air panas, lakukan inhalasi uap, gunakan pelembab udara untuk melakukannya. Saat tidur, dokter juga menyarankan menambahkan bantal untuk mengurangi tekanan pada sinus, yang juga akan memberikan lebih banyak istirahat.

6. Konsumsi makanan yang nyaman di perut

Menghadapi masalah pencernaan saat Anda sedang melawan flu bisa menjadi sangat umum, dan sering kali, ketika Anda memiliki kasus flu yang parah, kebiasaan makan yang tepat harus dilakukan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki makanan dan makanan yang ringan dan mudah di perut, dan sama-sama bergizi.

Makanan pokok tradisional seperti oatmeal, sup, khichdi, dal semuanya mudah dan sehat. Yang juga harus Anda fokuskan adalah mengisi nutrisi yang dapat membantu sistem kekebalan dalam pemulihan lebih cepat. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi vitamin C, antioksidan, seng, dan protein sebanyak mungkin melalui makanan Anda (buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan) agar pulih lebih cepat.

7. Hindari Makanan Ini Saat Sakit

Segala sesuatu yang berminyak, berminyak, pedas, digoreng atau diproses sebaiknya dijauhkan saat Anda sedang melawan flu. Apa yang Anda makan memainkan peran yang sangat penting, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, atau makanan yang lebih berat untuk dicerna tubuh Anda mungkin bukan pertanda baik. Juga hindari minum terlalu banyak minuman manis, dan jika Anda penderita diabetes, berhati-hatilah untuk melihat obat-obatan dan sirup obat batuk, karena mungkin ada tambahan gula yang bersembunyi di dalamnya.

8. Apa saja tanda-tanda infeksi yang memburuk yang harus diwaspadai

Sementara infeksi flu cenderung membaik dalam seminggu atau sepuluh hari bagi kebanyakan orang, infeksi juga dapat menjadi parah bagi orang-orang dan memburuk tanpa pemberitahuan. Flu sebenarnya memiliki tingkat kematian yang tinggi. Oleh karena itu, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah harus berhati-hati dan waspada terhadap tanda dan gejala kesehatan yang memburuk ini:

-Dehidrasi

-Pusing, bingung, delirium

-Sakit perut

-Pembengkakan dan ruam

-Mual, darah disertai muntah


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit flu
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top