Ilustrasi perempuan mengalami keracunan akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin dan suplemen/Freepik
Health

Hati-hati Keracunan Vitamin D, Ini 5 Gejala yang Perlu Diwaspadai

Dinda Aulia Ramadhanty
Senin, 1 November 2021 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D merupakan salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Simak 5 gejala yang perlu diwaspadai jika Anda keracunan vitamin D.

Vitamin D bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari penyerapan kalsium yang menyebabkan tulang dan gigi lebih kuat, peningkatan kesehatan jantung, hingga fungsi sel yang menjadi lebih baik. 

Seperti diketahui, vitamin D dapat diperoleh dengan mudah melalui paparan sinar matahari sehingga jarang menyebabkan keracunan. Selain paparan sinar matahari, vitamin D dapat diperoleh secara alami dari makanan atau melalui suplemen nutrisi.

Lantaran harus disimpan dalam lemak tubuh, vitamin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dikeluarkan dari sistem tubuh. Bahkan setelah Anda berhenti mengonsumsi suplemen. Karena itu, seseorang bisa mengalami keracunan vitamin D.

Toksisitas atau keracunan vitamin D dapat terjadi ketika kadar darah meningkat hingga melebihi 150 ng/ml. Salah satu faktor utama, yaitu mengonsumsi suplemen vitamin D bertahun-tahun tanpa rutin memantau kadar darah.

Ada beberapa kelompok masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan vitamin D, sampai cenderung menderita kekurangan. Di sisi lain, ada pula kelompok orang yang berisiko mengalami keracunan vitamin D.

Berikut 5 gejala tubuh Anda mungkin mengalami keracunan vitamin D seperti dilansir dari Times Now News, Senin (1/11/2021).

1. Sering buang air kecil

Vitamin D mendukung penyerapan kalsium dalam tubuh. Namun, ketika kadar vitamin D meningkat secara drastis, kadar kalsium dalam darah juga meningkat sehingga mengakibatkan gejala seperti sering buang air kecil.

2. Gangguan pencernaan

Gejala seperti diare, sembelit, dan sakit perut sering terjadi ketika seseorang menderita intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi faktor dari gejala kadar kalsium tinggi yang disebabkan oleh keracunan vitamin D. 

Jumlah konsunsi suplemen vitamin D yang tinggi dari waktu ke waktu dan tanpa sadar menyebabkan sembelit dan sakit perut harus dianggap sebagai tanda overdosis suplemen. Gejala lainnya, seperti mual dan muntah juga dapat terjadi jika keracunan.

3. Kelelahan

Peningkatan kadar kalsium juga dikenal sebagai hiperkalsemia, yaitu saat dalam darah mengalami keracunan vitamin D hingga menyebabkan rasa lelah dan lemah.

Gejala yang terjadi seperti merasa pusing, kebingungan, dan kelelahan. Gejala yang sama dan dapat muncul ketika mengisi nutrisi vitamin D tanpa pertimbangan lebih lanjut.

4. Pengeroposan tulang

Hal ini terjadi ketika vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari terlalu berlebihan. Hal itu kemudian berdampak buruk pada kepadatan tulang dan kekuatannya bila dikonsumsi terlalu banyak. 

Untuk memerangi efek negatif tersebut, konsumsi makanan yang memiliki kadar tinggi akan vitamin K2, seperti daging dan susu bisa menjadi solusi.

5. Kerusakan ginjal

Gejala ini dapat memburuk terjadi seperti batu ginjal, kerusakan ginjal, bahkan cedera. Kondisi ini terjadi ketika kadar vitamin D meningkat secara drastis. 

Oleh karena itu, untuk menetapkan tujuan mengonsumsi kadar vitamin D yang optimal, diperlukan rekomendasi menu makanan sehar. Anda bisa memilih makanan seperti jamur, sarden, minyak ikan cod, kedelai, almond, dan susu gandum yang kaya vitamin D alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro