Ilustrasi vitamin D/
Health

Benarkah Kekurangan Vitamin D dapat Merusak Fungsi Otot?

Ni Luh Anggela
Rabu, 3 November 2021 - 09:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Vitamin D adalah hormon yang dikenal penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah rakhitis dan osteoporosis.

Kekurangan vitamin D diketahui dapat merusak fungsi otot karena pengurangan produksi energi pada otot, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology.
 
Dr. Andrew Philp dan timnya di Garvan Institute of Medical Research di Australia, dan universitas-universitas yang berkolaborasi, menggunakan model tikus untuk menentukan efek dari defisiensi vitamin D yang disebabkan oleh diet pada fungsi mitokondria otot rangka pada tikus jantan muda, seperti dilansir dari Sci Tech Daily, Rabu (3/11/2021).
 
Tikus diberi makan makanan dengan jumlah vitamin D normal, atau tanpa vitamin D untuk menginduksi defisiensi, untuk jangka waktu 3 bulan.  
 
Tingkat vitamin D yang khas untuk manusia adalah 40-50 nmol.L-1, dan defisiensi vitamin D akut didiagnosis ketika kadarnya turun di bawah 12 nmol.L-1. Rata-rata, tikus dalam penelitian ini memiliki kadar vitamin D 30 nmol.L1, dengan defisiensi vitamin D yang diinduksi diet menyebabkan kadar hanya 3 nmol.L-1.
 
Meskipun tingkat ini lebih ekstrim daripada yang biasanya diamati pada orang, itu masih dalam kisaran yang diakui secara klinis.
 
Sampel jaringan dan darah dikumpulkan setiap bulan untuk mengukur konsentrasi vitamin D dan kalsium dan untuk menilai penanda fungsi dan jumlah mitokondria otot. Setelah 3 bulan kekurangan vitamin D yang diinduksi oleh diet, fungsi mitokondria otot rangka ditemukan terganggu hingga 37 persen. Ini bukan karena berkurangnya jumlah mitokondria atau pengurangan massa otot.
 
“Hasil kami menunjukkan ada hubungan yang jelas antara kekurangan vitamin D dan kapasitas oksidatif pada otot rangka. Mereka menyarankan bahwa kekurangan vitamin D menurunkan fungsi mitokondria, berlawanan dengan pengurangan jumlah mitokondria di otot rangka.” kata Philp, menambahkan mereka sangat tertarik untuk memeriksa apakah penurunan fungsi mitokondria ini dapat menjadi penyebab hilangnya massa dan fungsi otot rangka terkait usia.
 
Temuan ini menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat merusak fungsi mitokondria dan mengurangi jumlah energi yang diproduksi di otot, yang dapat menyebabkan fungsi otot yang buruk.
 
Oleh karena itu, mencegah kekurangan vitamin D pada orang tua dapat membantu menjaga kinerja otot dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan otot, seperti sarcopenia. Namun, penelitian lebih lanjut yang menyelidiki efek langsung dari kekurangan vitamin D pada fungsi dan kekuatan otot diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.
 
Sementara penelitian ini menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat mengubah fungsi mitokondria di otot rangka,Philp dan timnya tidak dapat menentukan dengan tepat bagaimana proses ini terjadi. Oleh karena itu, pekerjaan masa depan mereka bertujuan untuk menetapkan bagaimana defisiensi vitamin D mengubah kontrol dan fungsi mitokondria di otot rangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro