Sistem pernapasan/interactive-biology.com
Health

Ingin Paru-paru Anda Sehat? Lakukan Kebiasaan Ini Secara Teratur

Ni Luh Anggela
Rabu, 3 November 2021 - 13:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam menjalankan sistem pernapasan, paru-paru menjadi organ yang berperan penting. Saat udara mecapai paru-paru, akan terjadi pertukaran antara oksigen dari luar tubuh dengan karbon dioksida dari dalam darah. Apabila paru-paru Anda bermasalah, maka proses ini pun akan terganggu.
 
Macam-macam penyakit seperti pneumonia, tbc, bronkitis, asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan penyakit yang dapat menyerang paru-paru. Untuk mencegah paru-paru Anda dari penyakit-penyakit ini, berikut lima kebiasaan yang dapat membantu paru-paru Anda tetap sehat dan kuat, melansir Yahoo! Life, Rabu (3/11/2021).

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan kita, termasuk kekuatan paru-paru kita. Albert Rizzo, MD, FACP, kepala petugas medis dari American Lung Association, mengatakan, paru-paru kita adalah pompa.
 
“Mereka bergantung pada otot-otot di rongga dada. Agar paru-paru tetap memompa kuat, kita perlu menjaga otot-otot kita tetap bugar.” kata Rizzo.
 
Latihan kardiovaskular adalah cara terbaik untuk melakukan itu dan membutuhkan tidak lebih dari 20 hingga 30 menit sehari (atau yang setara selama seminggu). Namun bagi Anda pengidap asma, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu, untuk menemukan olahraga yang tepat untuk Anda.

2. Tingkatkan vitamin D Anda

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, vitamin D juga penting untuk kesehatan paru-paru Anda. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan defisit fungsi paru-paru dan bahkan mengubah struktur paru-paru.

Kekurangan vitamin D? Anda bisa mendapatkan  vitamin D melalui makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, keju, atau suplemen vitamin D, jika perlu (konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menambahkan suplemen apapun ke dalam campuran). Ini sangat penting jika Anda memiliki sesuatu yang mengganggu paru-paru Anda seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau asma.

3. Latih pernapasan Anda

Stres dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh kita, dan itu termasuk sistem pernapasan kita. Pernapasan dalam bermanfaat untuk mengurangi stres, dan pernapasan diafragma serta pernapasan bibir dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, terutama setelah pulih dari infeksi pernapasan seperti Covid-19 atau sesuatu yang lebih kronis.
 
Kelley Green, instruktur meditasi dan pelatih pola pikir mengatakan, dengan fokus pada pernapasan kita yang disengaja seperti menghirup dan menghembuskan napas selama empat hitungan, atau pernapasan perut dan Anda mendapatkan kembali rasa damai dan mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

4. Tidur yang cukup

Meskipun para ahli belum mengetahui mengapa tidur baik untuk paru-paru kita, kurang tidur dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan.

“Kami tidak tahu mekanisme pasti dibaliknya, tapi kami tahu bahwa tidur sangat penting untuk banyak masalah kesehatan termasuk perbaikan otot,” kata  Rizzo. Dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh, kita membuat diri kita lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan.

5. Hindari kebiasaan yang tidak sehat

Menghindari kebiasaan yang tidak sehat dapat membantu menjaga paru-paru Anda tetap sehat dan kuat. Tidak hanya menghentikan kebiasaan merokok, Anda juga perlu menghindari asap rokok ataupun paparan asap berbahaya lainnya.

Menurut Rizzo, ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan Anda. Dan ketika Anda berolahraga, hindari tempat-tempat dengan kualitas udara yang buruk atau kerumunan besar di mana Anda tidak memiliki ruang untuk bernapas.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro