Ilustrasi pingsan
Health

4 Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

Aliftya Amarilisya
Senin, 8 November 2021 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pingsan bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui pertolongan pertama yang bisa diberikan pada orang pingsan.

Dilansir dari Healthine, pingsan adalah kondisi di mana seseorang kehilangan kesadaran dalam waktu singkat karena otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

Umumnya, gejala yang muncul sebelum pingsan ini, antara lain pusing, lemah, dan mual.

Adapun penyebabnya sendiri biasanya dipicu oleh sejumlah faktor, seperti beraktivitas fisik dalam suhu panas, berdiri dalam satu posisi terlalu lama, penuruhanan tekanan darah secara tiba-tiba, dan kejang.

Nah, apa yang harus dilakukan ketika mendapati seseorang pingsan? Berikut sejumlah tipsnya.

1. Bawa dan baringkan di tempat yang aman

Pertolongan pertama pada orang pingsan adalah membawanya ke tempat yang teduh dan aman. Jika memungkinkan longgarkan kerah dan ikat pinggang yang dipakai orang tersebut, agar ia bisa bernapas dengan lebih lega.

Selanjutnya, miringkan kepala orang tersebut ke samping dan pastikan wajahnya tidak terhalangi, jika mereka muntah atau mengeluarkan cairan lain dari mulut.

2. Cek pernapasan dan respons

Hal lain yang tak boleh dilewatkan adalah mengecek pernafasannya dengan cara memeriksa denyut nadi serta melihat pergerakan dada dan perut. Coba pula panggil namanya atau tepuk ringan pundaknya untuk melihat respons kesadaran sekaligus membangunkannya.

Namun, guna mencegah ia kembali tidak sadarkan diri, jangan buru-buru meminta orang yang pingsan untuk segera bangun dari posisi berbaring. Sementara itu, apabila tak ada tanda-tanda pernapasan, segera hubungi ambulans atau bawa ke IGD layanan kesehatan terdekat.

3. Beri minum setelah sadar

Selain dehidrasi, pingsan biasanya disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah. Oleh karenanya, jika orang yang pingsan telah sadar, berikan ia minuman manis.

4. Temani hingga kesadarannya pulih sepenuhnya

Ketika ia mulai sadar, biarkan ia berbaring untuk beberapa saat. Setelahnya, bantulah ia duduk dan berikan air minum. Kemudian, biarkan ia beristirahat dan temanilah hingga dirinya benar-benar pulih dan segar kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro