Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Manfaat Ikan Tuna, Turunkan Risiko Penyakit Jantung hingga Kanker 

Berikut ini 4 manfaat kesehatan jika Anda rajin mengonsumsi ikan tuna seperti dikutip dari Nourish by WebMD, Senin (8/11/2021). 
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 08 November 2021  |  17:06 WIB
Ilustrasi ikan tuna - Freepik
Ilustrasi ikan tuna - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Ikan tuna menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang tidak menyukai ikan air tawar. Simak 4 manfaat mengonsumsi ikan tuna bagi tubuh Anda. 

Tidak kalah dari ikan salmon, ikan tuna menjadi sumber vitamin B12 yang sangat baik dan berbagai vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh. Seperti diketahui, vitamin B12 juga membantu pembentukan sel darah merah baru dan mencegah anemia.

Tuna merupakan spesies ikan air laut yang habitatnya tersebar dari Samudera Atlantik hingga Indonesia. Rasanya yang lembut dan gurih menjadikan ikan tuna popular di dunia. 

Jumlah tangkapan tuna juga tersedia melimpah, jadi tak heran harganya masih terjangkau. Tuna juga banyak diolah ke dalam kemasan segar dan kalengan sehingga bisa dijumpai di pasar tradisional hingga supermarket. 

Selain omega-3, tuna juga mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tulang dan meningkatkan sistem imun. Kandugan vitamin dan mineral seperti zat besi, potassium, selenium, dan iodin, dapat Anda temukan sekaligus dalam ikan air laut ini.

Berikut ini 4 manfaat kesehatan jika Anda rajin mengonsumsi ikan tuna seperti dikutip dari Nourish by WebMD, Senin (8/11/2021). 

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan tuna dapat menurunkan kadar asak lemak omega-6 dan kolesterol LDL yang biasanya menumpuk di aliran darah. 

Studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak omega-3 memiliki pengaruh dalam menurunkan risiko penyakit jantung termasuk serangan jantung. 

2. Menyehatkan Mata 

Bukan hanya bermanfaat bagi jantung, omega-3 memberikan kesehatan pada retina. Selain itu, konsumsi omega-3 dapat mencegah mata kering.

3. Menurunkan Risiko Kanker 

Kandungan omega-3 dalam tuna dipercayai dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan mengurangi inflamasi pada tubuh.  Hal itu penting karena pada beberapa kasus penyakit, kanker memiliki korelasi dengan inflamasi kronis. 

4. Menurunkan Berat Badan 

Bagi Anda yang mau menurunkan berat badan tapi tetap mau makan enak, ikan tuna wajib menjadi menu pilihan.  Ikan tuna memiliki kadar protein yang tinggi dengan rendah kalori, yang berarti akan membuat Anda kenyang lebih lama. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker vitamin penyakit jantung ikan tuna
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top