Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Makanan yang Bikin Anda Awet Muda: Minyak Zaitun hingga Salmon

Berikut 11 makanan yang dapat membantu Anda terlihat lebih muda. Mulai dari minyak zaitun, alpukat, hingga ikan salmon.
Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC - Bisnis.com 08 September 2021  |  20:55 WIB
Ilustrasi perempuan makan sayur agar awet muda - freepik.com
Ilustrasi perempuan makan sayur agar awet muda - freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Penuaan adalah bagian alami dari kehidupan yang tidak bisa dihindari. Siapa sangka, ternyata ada 11 jenis makanan yang ternyata bisa membuat Anda terlihat lebih sehat dan awet muda.

Gaya hidup sehat dan makanan yang dikonsumsi ternyata dapat membantu menua Anda lebih baik. Berikut 11 makanan yang dapat membantu Anda terlihat lebih sehat dan awet muda seperti dilansir dari Healthline.com:

1. Minyak Zaitun (Extra Virgin Olive Oil)

Minyak zaitun extra virgin (Extra Virgin Olive Oil/EVOO) adalah salah satu lemak paling sehat di bumi. Penelitian telah menunjukkan bahwa ini dapat membantu mencegah banyak penyakit umum yang terkait dengan penuaan.

EVOO menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mencegah sindrom metabolik dan mungkin efektif dalam memerangi kanker.

Minyak zaitun juga dapat membantu kulit terlihat lebih muda. Penelitian pada hewan dan laboratorium menunjukkan bahwa ia memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada kulit dan dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat melindungi dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang terbentuk selama metabolisme dan sebagai respons terhadap stres. Antioksidan mengubah strukturnya sehingga tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Teh hijau sangat tinggi antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, wanita dengan kulit yang rusak akibat sinar matahari yang diobati dengan krim teh hijau dan suplemen selama 8 minggu mengalami peningkatan elastisitas kulit yang sederhana.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak benar-benar makanan anti penuaan. Lemak omega-3 rantai panjangnya bermanfaat melawan penyakit jantung, peradangan, dan kolitis ulserativa, di antara banyak penyakit lainnya.

Studi menunjukkan bahwa ikan berlemak juga dapat melindungi terhadap peradangan dan kerusakan yang terjadi selama paparan sinar matahari. Salmon merupakan salah satu jenis ikan berlemak yang paling populer. Salmon memiliki komponen tambahan yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Mengandung antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bertanggung jawab atas warna pink salmon.

4. Cokelat Hitam/Kakao

Kandungan antioksidan cokelat hitam tidak ada duanya, bahkan lebih kuat daripada acai berry, blueberry, dan cranberry. Penelitian menunjukkan, cokelat hitam dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan fungsi dan elastisitas arteri.

Cokelat mengandung antioksidan yang disebut flavanol, yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, jumlah flavanol bervariasi secara signifikan di antara berbagai jenis cokelat. Kakao flavanol tinggi dan rendah flavanol pada fungsi kulit, orang-orang dalam kelompok flavanol tinggi mengalami aliran darah yang lebih baik ke kulit dan peningkatan ketebalan, hidrasi, dan kehalusan.

5. Sayuran

Sayuran sangat padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Mereka mengandung antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, katarak, dan kanker.

Banyak sayuran juga tinggi karotenoid seperti beta karoten. Ini dapat melindungi dari radiasi matahari dan radikal bebas, yang keduanya dapat menyebabkan penuaan kulit Beberapa sumber beta karoten terbaik adalah wortel, labu, dan ubi jalar.

Peneliti mengukur elastisitas dan kualitas kulit lainnya pada lebih dari 700 wanita Jepang. Mereka menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayuran hijau dan kuning memiliki lebih sedikit kerutan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah sayuran tips sehat awet muda tips cantik Minyak Zaitun
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top