llustrasi susu segar/Freepik
Health

Benarkah Susu Hangat Kunci Kulit Sehat dan Awet Muda?

Ni Luh Anggela
Rabu, 17 November 2021 - 17:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda penggemar drama Korea (drakor) tentu sudah sering melihat aktris yang sudah kepala 4, namun masih memiliki penampilan layaknya aktris-aktris muda. Sebut saja Song Hye Kyo, Song Ji Hyo, Lee Ji Ah dan masih banyak lagi. Kira-kira apa rahasia mereka?
 
Kebiasaan mencuci muka dengan susu hangat setiap hari dikatakan dapat melembutkan kulit, sehingga membuat kulit nampak awet muda. Sejak dulu, susu memang banyak dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Tetapi benarkah demikian?
 
Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Arthur S, melalui akun Instagramnya @dokterkulitkucom membagikan beberapa fakta-fakta penting seputar susu dan kaitannya dengan kulit.

1. Susu untuk membersihkan kulit dan membuat kulit lebih cerah

dr Arthur mengatakan, susu sapi memang mengandung lactic acid. Lactic acid ini memang banyak ditemui pada banyak produk pembersih dan pencerah kulit.
 
Tetapi, apakah lactic acid yang ada di susu efektif untuk dipakai sebagai pembersih dan pencerah kulit?
 
“Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikannya,” kata dr Arthur.

2. Susu bagus untuk jerawat

Mengoleskan susu ke jerawat tentu dapat membuat jerawat Anda lebih tenang. Namun, kandungan lemak dalam susu malah dapat menyumbat pori-pori Anda dan membuat jerawat Anda semakin teriritasi.

3. Susu sebagai pelembab

Tekstur susu yang lembut memang menggoda untuk dipakai sebagai pelembab. Padahal, menurutnya, susu tidak memiliki kemampuan untuk mengunci kelembaban kulit.
 
“Jadi, lebih baik menggunakan lotion biasa saja,” katanya.
 
Lebih lanjut, dr Arthur menjelaskan, selain belum adanya penelitian yang membuktikan khasiat penggunaan susu secara tropikal pada kulit, kandungan susu sapi murni itu tergantung pada asupan si sapi. Hal ini juga berlaku pada ibu menyusui.
 
“Kualitas ASI tergantung kualitas asupan ibunya. Sehingga sangat sulit untuk mencari standar yang tepat,” katanya.
 
Selain itu, karena 65 persen penduduk dunia alergi terhadap susu atau lactose intolerant, mengoleskan susu pada kulit kemungkinan juga dapat menimbulkan drama gatal-gatal, merah-merah dan reaksi-reaksi alergi lainnya. Sehingga, tidak disarankan untuk menggunakan susu sebagai ‘resep kulit awet muda’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro