Buah dan sayur/Istimewa
Health

Makanan Ini Ternyata dapat Memengaruhi Kadar Kolesterol Anda

Ni Luh Anggela
Selasa, 23 November 2021 - 13:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda. Kondisi ini cenderung tidak menimbulkan gejala, sehingga seringkali dijuluki silent killer karena dapat meningkatkan risiko sejumlah kondisi kesehatan.

Rutin melakukan tes darah, terutama bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas adalah cara terbaik untuk mendeteksi apakah Anda memiliki kolesterol tinggi.

Selain itu, makanan tertentu diketahui dapat memengaruhi kadar kolesterol Anda.

Melansir Express, Selasa (23/11/2021), Heart UK mengatakan bahwa mengurangi lemak jenuh sangat penting, terutama jika Anda memiliki kolesterol. Ini artinya, Anda perlu menukar lemak jenuh dengan makanan yang tinggi lemak tak jenuh.

Tidak hanya itu, makan makanan berserat tinggi juga dapat membantu menurunkan kolesterol Anda, karena serat membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah dari usus Anda.

Bingung memilih makanan yang mengandung serat larut? Oatmeal mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Menurut Mayo Clinic, serat larut mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau yang disebut kolesterol ‘jahat’, dan mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Makan lima sampai 10 gram atau lebih serat larut sehari juga dapat menurunkan kolesterol LDL Anda.

Heart UK menambahkan, Anda juga harus makan banyak makanan berserat, setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari, kacang-kacangan, gandum dan biji-bijian.

Selain rutin melakukan pengecekan darah dan banyak makan makanan berserat, berolahraga setidaknya 150 menit seminggu juga harus Anda lakukan.

Jika Anda adalah seorang perokok, mungkin ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk ini karena merokok dapat meningkatkan kolesterol dan membuat Anda lebih mungkin mengalami masalah serius seperti serangan jantung, stroke, dan kanker.

Juga, hindari makanan yang diproses, bahkan jika kandungan lemaknya lebih rendah karena mereka sarat dengan kalori, natrium dan gula tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro