Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyebab dan Risiko Hernia Inguinalis Bagi Pria dan Perempuan

Terlalu sering mengangkat beban berat dan mengejan saat buang air, bisa menjadi penyebab utama hernia inguinalis bagi perempuan dan pria
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 24 November 2021  |  17:50 WIB
Perempuan dan pria bisa mengalami sakit hernia bila sering mengangkat beban berat dan mengejan saat buang air besar. - boldsky.com
Perempuan dan pria bisa mengalami sakit hernia bila sering mengangkat beban berat dan mengejan saat buang air besar. - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Hernia inguinalis merupakan suatu kondisi jaringan lunak menonjol di titik lemah bagian otot perut bawah, inguinal atau selangkangan. Di Indonesia, kondisi ini disebut juga dengan ‘turun berok’.

Pria dan wanita di semua kalangan usia bisa terkena penyakit ini. Pada dasarnya, pembedahan tidak selalu diperlukan, tetapi hernia umumnya sulit untuk disembuhkan tanpa operasi. Masyarakat Indonesia pun lebih memilih jalur pijat urut dalam mengatasi kondisi ini. 

Dalam beberapa kasus, hernia yang tidak diobati dapat mengancam jiwa. Meskipun ada beberapa efek samping dan risiko yang terkait dengan operasi, kebanyakan orang memiliki hasil yang baik.

Penyebab Hernia Bagi Perempuan dan Pria

Lemahnya lapisan dinding saluran pencernaan dapat menjadi penyebab utama hernia inguinalis. Kelemahan dapat disebabkan oleh cacat yang ada saat lahir atau terbentuk di kemudian hari.

Melansir dari Healthline, Rabu (24/11/2021), ada beberapa faktor risiko hernia inguinalis meliputi:

1. Cairan atau tekanan di perut

2. Angkat berat, seperti angkat besi

3. Mengejan berulang-ulang saat buang air kecil atau buang air besar

4. Kegemukan

5. Batuk kronis

6. Kehamilan

7. Baik orang dewasa maupun anak-anak bisa terkena hernia inguinalis. Pria lebih mungkin mengembangkan hernia inguinalis. Orang dengan riwayat hernia berada pada peningkatan risiko memiliki hernia lain juga. Hernia kedua biasanya terjadi di sisi yang berlawanan.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan pria tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top