Makanan jatuh
Health

Makan Makanan yang Sudah Jatuh ke Lantai, Apakah Masih Sehat?

Ni Luh Anggela
Senin, 29 November 2021 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat keripik atau makanan apapun yang Anda makan jatuh ke lantai, apakah yang akan Anda lakukan? Mengambilnya lagi atau dibuang?

Di tengah situasi seperti ini, Anda mungkin akan teringat dengan aturan ‘5 detik’. Ya, aturan dimana Anda akan mengambil keripik yang terjatuh di lantai selama kurang dari 5 detik. Memeriksanya kembali, kemudian Anda melahapnya.

Aturan 5 detik merupakan aturan dimana jika suatu makanan diambil dalam waktu 5 detik dari tanah atau lantai, maka makanan tersebut tidak terkontaminasi dan masih aman untuk dimakan.

Sepertinya, hal ini sudah menjadi kepercayaan umum bahwa kuman dan bakteri tidak menempel di permukaan makanan dalam batas waktu ini dan benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Entah siapa yang menetapkan atau membenarkan adanya aturan unik tersebut, kita kadang terjebak dalam situasi ini. Tetapi pertanyaannya, apakah aman memakan makanan yang sudah jatuh di lantai?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan ini adalah ‘tidak’.

Melansir Times of India, Senin (29/11/2021), makanan yang bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi, bahkan satu detik saja sudah dapat mengambil sejumlah bakteri yang ada. Anda mungkin lebih berisiko untuk mengalami diare dan keracunan makanan jika memakan makanan ini. Selain itu, kita tidak tahu jenis bakteri apa yang ada di permukaan lantai tersebut.

Bahkan jika permukaan lantainya bersih sekalipun, Anda tidak bisa mengatakan berapa banyak orang yang telah berjalan kaki di lantai tersebut.

Begitu juga dengan meja dapur dan wastafel. Studi menunjukkan, mereka menyimpan berbagai jenis bakteri dan lebih kotor daripada tempat sampah. Selain itu, tidak ada studi ilmiah yang mendukung aturan 5 detik. Oleh karena itu, Anda perlu berpikir dua kali sebelum memercayai aturan 5 detik ini.

Juga, di tengah pandemi Covid-19, tentu saja aturan ini akan sangat berbahaya. Sebab, coronavirus adalah virus yang sangat menular, dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya dengan menghirup aerosol yang terkontaminasi atau bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi.

Jadi, masih percaya dengan aturan 5 detik ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro