Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terungkap! 12 Penyebab Anda Selalu Merasa Lelah Sepanjang Hari

Berikut 12 penyebab Anda selalu merasa lelah sepanjang hari seperti dilansir dari Healthline, Minggu (5/12/2021).
2

Fibromyalgia dan Diabetes

Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes - Freepik
Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes - Freepik

9. Kelelahan Kronis

Anda mungkin merasa lelah sepanjang waktu jika Anda memiliki sindrom kelelahan kronis (chronic fatique syndrome). Kondisi ini menyebabkan kelelahan ekstrem yang tidak membaik dengan tidur. Penyebabnya tidak diketahui.

Tidak ada tes untuk mengkonfirmasi kelelahan kronis. Dokter Anda harus mengesampingkan masalah kesehatan lain sebelum membuat diagnosis.

Perawatan melibatkan belajar bagaimana hidup dalam keterbatasan fisik Anda atau mondar-mandir sendiri. Olahraga ringan juga dapat membantu Anda merasa lebih baik dan meningkatkan energi Anda.

10. Fibromyalgia

Fibromyalgia menyebabkan nyeri otot yang meluas dan nyeri tekan. Kondisi ini mempengaruhi otot dan jaringan lunak, tetapi juga dapat menyebabkan kelelahan.

Karena rasa sakitnya, beberapa orang dengan kondisi tersebut tidak dapat tidur di malam hari. Hal ini dapat menyebabkan kantuk dan kelelahan di siang hari.

Mengambil pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu meningkatkan rasa sakit dan tidur. Beberapa orang mendapatkan hasil positif dengan antidepresan, serta terapi fisik dan olahraga.

11. Obat-obatan

Terkadang, obat-obatan dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang waktu. Pikirkan kembali saat Anda pertama kali menyadari kantuk di siang hari. Apakah ini sekitar waktu ketika Anda memulai pengobatan baru?

Periksa label obat untuk melihat apakah kelelahan adalah efek samping yang umum. Jika demikian, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka mungkin dapat meresepkan obat lain, atau mengurangi dosis Anda.

12. Diabetes

Waspada, merasa lelah sepanjang waktu juga bisa menjadi gejala diabetes. Ketika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak membuat cukup insulin. Hal ini dapat menyebabkan gula darah tinggi, yang dapat mempengaruhi konsentrasi Anda dan membuat Anda merasa lelah dan mudah tersinggung.

Temui dokter untuk kelelahan yang tidak dapat dijelaskan yang tidak membaik. Perlu diingat bahwa kelelahan juga bisa menjadi gejala kondisi medis lain seperti penyakit jantung dan kanker.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat diabetes lelah
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top