Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

13 Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan tanda disadari, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  19:00 WIB
Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan - Freepik.com
Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Seseorang dengan tekanan darah tinggi akan takut mengonsumsi garam. Garam akan membuat tubuh Anda menahan air, memberi tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah Anda. 

Garam bukanlah satu-satunya hal yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Banyak kebiasaan yang tidak Anda sadari dapat meningkatkan tekanan darah, atau mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Berikut ini 13 kebiasaan yang perlu Anda perhatikan, melansir dari Web MD, Senin (6/12/2021):

1. Menambahkan Gula 

Selain garam, menambahkan gula pada makanan atau minuman dapat meningkatkan tekanan darah. Terutama dalam bentuk olahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi.

Dalam satu minuman kaleng setara 24 ons menyebabkan kenaikan rata-rata 15 poin pada tekanan sistolik (angka atas, atau tekanan selama detak jantung) dan 9 dalam tekanan diastolik (angka bawah, atau tekanan di antara ketukan).

2. Kesepian 

Hal ini bukan hanya tentang jumlah teman yang Anda miliki, ini tentang perasaan terhubung. Stres atau depresi bisa memberikan efek yang nyata pada kehidupan.

Para peneliti berpikir bahwa rasa takut terus-menerus akan penolakan dan kekecewaan serta perasaan lebih waspada tentang keselamatan dan keamanan dapat mengubah cara kerja tubuh Anda. Cobalah berpikir positif. 

3. Sleep Apnea 

Orang dengan sleep apnea memiliki peluang lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dan masalah jantung lainnya. Ketika pernapasan Anda berulang kali terganggu saat Anda tidur, sistem saraf melepaskan bahan kimia yang meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu, Anda akan mendapat lebih sedikit oksigen dan dapat merusak dinding pembuluh darah. Kondisi tersebut akan mempersulit tubuh Anda untuk mengatur tekanan darah.

4. Kurang Potasium 

Ginjal Anda membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium untuk menjaga jumlah cairan yang tepat dalam darah Anda. Konsumsi tidak cukup buah, sayuran, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan ikan akan memicu kenaikan tekanan darah, meskipun Anda membatasi konsumsi garam. 

5. Rasa Sakit 

Rasa sakit yang tiba-tiba, atau akut, meningkatkan sistem saraf Anda dan meningkatkan tekanan darah Anda. Anda dapat melihat efek ini ketika Anda memasukkan satu tangan ke dalam air es, menekan pipi atau kuku Anda, atau menyetrum jari Anda.

6. Suplemen Herbal 

Apakah Anda mengonsumsi ginkgo, ginseng, jamu, jeruk pahit, atau suplemen herbal lainnya? Minuman ini akan meningkatkan tekanan darah Anda atau mengubah cara kerja obat, termasuk obat untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

7. Masalah Tiroid 

Ketika kelenjar ini tidak membuat cukup hormon tiroid, detak jantung Anda melambat, dan arteri Anda menjadi kurang elastis. Kadar hormon yang rendah juga dapat meningkatkan kolesterol LDL Anda. Hal lain yang dapat membuat arteri menjadi kaku.

Darah bergerak melalui pembuluh lebih cepat, mendorong dinding, dan meningkatkan tekanan. Meskipun tidak biasa, terlalu banyak hormon tiroid dapat membuat jantung Anda berdetak lebih keras dan lebih cepat, yang juga akan meningkatkan tekanan darah Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipertensi darah darah tinggi
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top