Gejala dan tanda penyakit jantung pada perempuan /Freepik.com
Health

8 Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Pada Perempuan

Tresia
Selasa, 14 Desember 2021 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di kalangan wanita, satu dari setiap tiga wanita meninggal dunia karena serangan penyakit jantung.

Banyak wanita berpikir bahwa tanda-tanda khas serangan jantung seperti nyeri pada dada yang terasa seperti berdenyut bahkan sesak napas dapat dengan mudah dikenali. Namun, ternyata ada sejumlah tanda dan gejala lainnya yang patut diwaspadai.

Mengutip dari Medicinenet, Selasa (14/12/2021) berikut adalah tanda dan gejala penyakit jantung yang umum terjadi pada perempuan

1. Nyeri dada 

Nyeri pada dada kerap digambarkan sebagai perasaan tertekan atau penuh di dada, sehingga menimbulkan sensasi yang sangat tidak nyaman.

2. Nyeri di lengan, punggung, leher, atau rahang

Nyeri yang bisa terjadi pada area tersebut akan dialami secara tiba-tiba sehingga bisa membangunkan Anda dari tidur. 

3. Sakit perut

Sakit dibagian perut saat terkena serangan jantung bisa membuat wanita merasa seperti terkena maag, sehingga mereka salah kaprah saat membedakan pertanda sakit jantung dengan maag.

Namun, beberapa wanita bisa merasakan tekanan perut yang begitu parah hingga terasa seperti gajah sedang duduk di perutnya karena begitu besarnya tekanan yang dirasakan ketika penyakit jantung merembet ke area perut.

4. Sesak napas

Wanita mungkin mengalami sesak napas secara tiba-tiba meski sebelumnya mereka tidak melakukan apapun, rasa sesak nafas yang mereka alami seolah-olah mereka seperti habis lari maraton.

5. Berkeringat

Jika anda mengeluarkan keringat tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan tidak sedang melakukan aktivitas apapun. Anda harus curiga dan segeralah untuk mengunjungi dokter agar mengetahui lebih lanjut penyebab keringat tersebut dan memastikan itu bukan penyebab penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro