Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Kebiasaan Kerja Remote yang Bikin Anda Tidak Produktif

Karena apa yang kita lakukan sehari-hari dapat memiliki pengaruh besar pada hari kerja kita, berikut beberapa kebiasaan kerja remote yang dapat merusak produktivitas Anda sekaligus cara untuk memperbaikinya
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  10:35 WIB
Ilustrasi burnout akibat work from home (WFH) - Freepik
Ilustrasi burnout akibat work from home (WFH) - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia yang membuat kita pada akhirnya harus melakukan segala sesuatu dari rumah, sistem kerja remote atau remote working ini sudah lebih dulu diterapkan oleh banyak perusahaan.

Mengutip Glints, kerja remote atau remote working adalah perkerjaan yang dapat Anda selesaikan tanpa perlu pergi ke kantor. Artinya, Anda dapat bekerja darimana saja, misalnya rumah, cafe, coworking space atau tempat lainnya.

Sayangnya, beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan yang justru membuatnya tidak produktif saat melakukan kerja remote.

Karena apa yang kita lakukan sehari-hari dapat memiliki pengaruh besar pada hari kerja kita, berikut beberapa kebiasaan kerja remote yang dapat merusak produktivitas Anda sekaligus cara untuk memperbaikinya, melansir Make Use Of, Jumat (17/12/2021).

1. Tidak memiliki jadwal kerja

Kerja remote sebetulnya menawarkan beberapa manfaat, termasuk kebebasan dan fleksibilitas. Tetapi, bila Anda tidak meluangkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan membuat rencana, itu dapat memengaruhi produktivitas Anda secara negatif.

Anda akan menjadi sulit untuk memisahkan waktu kerja dan pribadi saat Anda tidak memiliki jadwal kerja, sehingga mengaburkan batas di antara mereka.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Mulailah dengan membuat jadwal kerja. Mengetahui kronotipe Anda dapat membuat Anda berada di jalur yang benar, karena ini memungkinkan Anda untuk membuat rencana yang sesuai dengan jam tubuh Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan solusi digital seperti Google Calendar misalnya, untuk membuat rencana sehari sebelumnya, setiap hari. Biasakan untuk membuat daftar tugas yang ingin Anda selesaikan keesokan harinya sebelum Anda tidur.

2. Kurangnya prioritas

Nah setelah membuat jadwal kerja remote, Anda setidaknya memiliki gambaran tentang apa yang perlu Anda lakukan. Tapi, tidak semuanya sama pentingnya atau mendesak, jadi melakukannya secara acak mungkin bukan metode yang paling produktif.

Tidak memprioritaskan pekerjaan Anda bisa sangat merusak karena menyebabkan Anda kehilangan fokus dan menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang diperlukan untuk tugas-tugas yang kurang penting. Pada akhirnya, ini membuat Anda tidak produktif dan menyebabkan kelelahan.

Untuk mengatasinya, ada baiknya untuk mengatur tugas sehari-hari sesuai prioritas atau menggunakan aplikasi seperti Priority Matrix untuk memudahkan proses ini. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur tugas Anda, dari yang paling signifikan dan mendesak hingga yang paling tidak penting.

Menjalani hari kerja dengan cara ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tujuan utama Anda.

3. Terlalu sedikit atau tidak berolahraga

Salah satu sisi buruk dari kerja remote adalah Anda terjebak dalam gaya hidup sedentari karena Anda menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk di depan komputer. Ini tidak hanya akan menguras tingkat energi Anda dan mengurangi produktivitas, tetapi juga dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini dan meningkatkan kesehatan serta produktivitas Anda secara keseluruhan, luangkan waktu Anda untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit per hari. Anda bisa melakukan apa saja, mulai dari jalan santai hingga berlari.

Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi yang berisi segudang latihan yang bisa Anda lakukan dari rumah tanpa harus menggunakan alat-alat olahraga.

4. Kurangnya komunikasi

Sisi buruk lainnya dari kerja remote adalah kurangnya komunikasi yang efektif dengan rekan kerja. Hal ini bisa dikaitkan dengan banyak faktor, seperti jam kerja yang berbeda, tidak berada di ruangan yang sama atau tidak memiliki alat ko…

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Kerja wfh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top