Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teh yang Paling Enak Diseduh Saat Sakit Tenggorokan

Ahli THT dan alergi yang dilatih Harvard Medical School dan Mayo Clinic Shawn Nasseri menjelaskan, teh hangat membuat pembuluh tenggorokan dan otot lebih terbuka dan rileks, sehingga sangat baik digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  15:54 WIB
Secangkir teh hijau - istimewa
Secangkir teh hijau - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada yang menyenangkan saat Anda jatuh sakit, termasuk saat Anda mengalami sakit tenggorokan. Biasanya, Anda akan merasakan gatal dan iritasi, yang akan terasa lebih buruk saat Anda menelan.

Penyebab paling umum sakit tenggorokan adalah infeksi virus seperti pilek atau flu. Tidak seperti radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan memerlukan pengobatan, sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya. Ada satu obat sederhana yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan, yaitu dengan menyeruput teh.

Ahli THT dan alergi yang dilatih Harvard Medical School dan Mayo Clinic Shawn Nasseri menjelaskan, teh hangat membuat pembuluh tenggorokan dan otot lebih terbuka dan rileks, sehingga sangat baik digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Memilih teh hangat, katanya, akan lebih menenangkan daripada memilih es kirim atau minuman dingin lainnya. Ini karena terkadang, minuman dingin bisa menyebabkan tenggorokan menjadi kejang, yang pastinya akan membuat Anda tidak nyaman.

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan satu hal khusus yang sangat membantu dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Dilansir dari Well and Good, Selasa (21/12/2021), satu studi terkontrol acak tersamar ganda menemukan bahwa teh yang dibuat, terutama dengan akar licorice lebih efektif dalam meminimalkan rasa sakit daripada teh plasebo yang memiliki rasa yang serupa.

Akar licorice mengandung glycyrrhizin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, licorice memiliki sifat antivirus dan antimikroba alami yang baik untuk membantu mengatasi rasa sakit dan iritasi yang disebabkan oleh sakit tenggorokan.

Licorice memang sudah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda karena sifat penyembuhannya ini. Akan tetapi, sama seperti hal-hal lainnya, licorice tidak boleh diminum berlebihan.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk tidak meminum lebih dari dua sampai empat ons akar licorice per hari karena bisa menimbulkan berbagai efek samping jika overdosis.

Nasseri menambahkan, penting untuk berhati-hati saat mencampurkan berbagai herbal untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Anda tidak suka rasa licorice? Tidak masalah. Meskipun teh akar licorice mungkin merpakan teh terbaik untuk sakit tenggorokan, mereka bukanlah satu-satunya. Masih banyak teh lain yang bisa diminum untuk meredakan sakit tenggorokan. Misalnya, Nasseri menyarankan chamomile, kapulaga, mint dan echinacea.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh radang tenggorokan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top