Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asam Lemak Omega-3 vs Omega-6, Mana yang Lebih Sehat?

Simak perbedaan asam lemak Omega-3 vs Omega-6 seperti dikutip dari Times of India, Jumat (24/12/2021). Mana yang lebih sehat?
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  17:16 WIB
Asam Lemak Omega-3 vs Omega-6, Mana yang Lebih Sehat?
Makanan mengandung Omega-3 - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak semua lemak buruk bagi kesehatan. Justru, tubuh membutuhkan asam lemak yang berasal dari Omega-3 dan Omega-6. Namun, mana yang lebih sehat?

Lemak selalu disalahkan sebagai penyebab kegemukan atau obesitas. Imbasnya, banyak orang tidak mengetahui informasi tentang lemak baik. Padahal, lemak dikategorikan menjadi dua bagian, baik dan buruk.

Asam lenuh jenuh (trans fat) disebut lemak jahat dan buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Trans fat dapat meningkatkan kolesterol, menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Di sisi lain, asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda disebut sebagai lemak baik karena memberi manfaat bagi kesehatan jantung dan kolesterol.

Asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda ditemukan pada Omega-3 dan Omega-6. Ini perbedaan asam lemak Omega-3 vs Omega-6 seperti dikutip dari Times of India, Jumat (24/12/2021). Mana yang lebih sehat?

1. Omega-3

Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh yang dikenal luas oleh masyarakat. Dengan ikatan rangkap antara atom karbon yang ketiga dan kedua dari ujung rantai hidrokarbon, Omega-3 banyak ditemukan dalam minyak ikan dan membantu menjaga kesehatan jantung, hati, paru-paru, pembuluh darah dan kekebalan tubuh.

Struktur dinding sel juga dijaga oleh asam lemak omega-3. Tiga jenis utama asam lemak Omega-3, yaitu:

  • ALA (alpha linolenic acid)
  • DHA (Docosahexaenoic acid)
  • EPA (Eicosapentaenoic acid)

Sumber Omega-3

Sumber utama asam lemak Omega-3 adalah ikan dan makanan laut lainnya, terutama ikan berlemak air dingin seperti salmon, mackerel, tuna, dan sarden. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan asam lemak Omega-3 dan harus dikonsumsi secara teratur untuk memastikan dosis yang sama.

Minyak tumbuhan seperti minyak biji rami, minyak kedelai, dan minyak canola juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang bagus dan sehat bagi tubuh.

Manfaat Omega-3

Diet kaya asam lemak Omega-3 memastikan kesehatan jantung dan paru-paru yang baik. Ini juga bermanfaat bagi orang yang memiliki penyakit kardiovaskular karena mencegah trombosit darah menggumpal. Omega-3 membantu dalam menjaga kesehatan mata dan gangguan mental seperti kecemasan, ADHD pada anak-anak, dan depresi.

2. Omega-6

Meskipun Omega-3 diketahui sebagian besar dari kita, asam lemak Omega-6 tetap relatif tidak diketahui oleh kebanyakan orang.

Padahal, Omega-6 juga merupakan jenis lemak tak jenuh yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Sama seperti lemak Omega-3, tubuh juga membutuhkan asam lemak omega-6 yang mengatur gen dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Ada empat jenis utama lemak Omega-6, yaitu:

  • LA (Linoleic acid)
  • ARA (Arachidonic Acid)
  • GLA (Gamma linolenic)
  • CLA (Conjugated linolenic acid)

Sumber Omega-6

Biji-bijian seperti rami, bunga matahari kaya akan asam lemak omega-6. Minyak seperti alpukat dan safflower juga kaya omega-6 dan kacang-kacangan termasuk kenari dan kacang mete dapat memberi Anda jumlah asam lemak omega-6 yang dibutuhkan. Telur juga merupakan sumber Omega-6 yang bagus.

Manfaat Omega-6

Asam lemak Omega-6 membantu menjaga kesehatan jantung dan merupakan faktor kunci yang mengatur fungsi otak untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Omega-6 juga merangsang pertumbuhan kulit dan rambut, menjaga kesehatan tulang, mengatur metabolisme, dan membantu menjaga sistem reproduksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obesitas lemak tips sehat diet Omega 3
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top