Petugas layanan check-in penumpang beraktivitas di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (13/2/2019)./ANTARA FOTO-Septianda Perdana
Travel

11 Bandara Kelas Internasional di Indonesia

Intan Riskina Ichsan
Senin, 17 Januari 2022 - 10:37
Bagikan

Kualanamu hingga Sultan Mahmud Kaharuddin III

1.  Bandara Internasional Kualanamu, Medan

Sebelum Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki kereta antar-jemput bandara, Bandara Internasional Kualanamu sudah memilikinya terlebih dahulu. Kualanamu juga diklaim sebagai bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan stasiun kereta api.

Beroperasi pada tahun 2013, Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara tersibuk kelima. Meski demikian, Anda tidak akan melihat antrian check-in yang panjang karena banyak sekali loket check-in di bandara ini. Bandara ini juga terkenal dengan fasilitasnya yang canggih.

2.  Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar memiliki desain yang sangat unik. Tidak hanya bentuknya seperti kapal Pinisi (kapal tradisional Bugis dan Makassar). Langit-langitnya sangat tinggi dan berpola garis-garis seperti motif kain “Mandar” dengan jendela raksasa yang menjulang tinggi.

Bandara yang dinamai pahlawan nasional Sulawesi Selatan ini menduduki peringkat ketiga Terbaik Indonesia 2017. Bandara ini juga pernah meraih predikat “The Most Improved Airport in Asia Pacific” dari Airport Service Quality (ASQ) pada tahun 2016.

3. Bandara Samarinda Baru, Samarinda

Fotogenik dan futuristik, itulah dua kata pertama yang terlintas di benak Anda saat mengunjungi Bandara Samarinda Baru. Baru dibuka pada April 2018, bandara ini memiliki desain mutakhir dengan estetika yang akan selalu membuat Anda ingin berfoto selfie di setiap sudut gedung.

4. Bandara Kalimarau, Berau

Resmi dibuka sejak 2012, Bandara Kalimarau mendapatkan predikat “Bandara Terbersih dan Tertib” dari Kementerian Perhubungan. Bandara ini juga memiliki fasilitas unggulan, seperti lift untuk penyandang disabilitas, ruang tunggu yang luas dengan banyak sofa berwarna biru laut, dan tempat untuk mengisi daya ponsel, serta koneksi wi-fi berkecepatan tinggi.

Selain itu, ada juga area khusus anak-anak di Terminal B Keberangkatan. Selain itu, musik instrumental tradisional Dayak akan mengiringi para penumpang sambil menunggu waktu boarding.

5.  Bandara Ahmad Yani Semarang

Dengan bangga mengklaim sebagai Eco-Airport, desain Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru ditingkatkan ini benar-benar sentuhan modernitas. Bandara ini kini menampung hingga 6,9 juta penumpang, peningkatan besar dibandingkan hitungan sebelumnya 800 ribu.

Tidak hanya itu, fasilitas di Bandara Ahmad Yani juga meliputi 30 check-in counter, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, dan 3 jet bridge. Selain itu, area parkir kini mampu menampung sekitar 1.200 kendaraan. Selain itu, konsep Eco-Airport juga dikelilingi oleh air dan kolam untuk menciptakan konsep terapung.

6. Sultan Mahmud Kaharuddin III, Sumbawa

Dalam persiapan untuk Sail Moyo Tambora 2018 mendatang dan dengan kemungkinan besar penerbangan sibuk yang datang dari Bali dan Lombok, Sumbawa baru-baru ini meningkatkan bandara mereka, Sultan Mahmud Kaharuddin III. Peningkatan tersebut membuat bandara menjadi lebih nyaman bagi pengunjung dan diatur dalam desain yang lebih modern. Dilengkapi dengan banyak fasilitas baru dan lebih baik, termasuk fasilitas untuk penyandang cacat, antara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro