Seseorang yang kurang tidur bisa menimbulkan risiko gangguan jantung/Freepik.com
Health

11 Efek Kurang Tidur, Bisa Lemahkan Sistem Imun Hingga Gangguan Jantung 

Annasa Rizki Kamalina
Selasa, 18 Januari 2022 - 14:43
Bagikan

Risiko Diabetes, Jantung, Berat Badan Naik, dan Penurunan Gairah Seks

  1. Risiko diabetes 

Kekurangan tidur dapat memberikan efek pada tubuh dalam memproduksi hormon insulin. Kadar gula darah yang meningkat tidak terkendali karena insulin terganggu sehingga berisiko terkena diabetes tipe 2. 

  1. Penambahan berat badan 

Waspada jika Anda takut berat badan naik. Kurang tidur akan menyebabkan sinyal kimiawi yang memberi tahu otak Anda bahwa Anda kenyang akan rusak. Hasilnya, Anda akan terus makan, padahal Anda sudah cukup makan. 

  1. Penurunan gairah seks 

Orang yang tidak mendapatkan cukup tidur memiliki libido yang lebih rendah. Pada pria, hal ini akan membuat penurunan gairah seks. Hal itu juga karena kurang tidur menyebabkan menurunnya kadar hormon testosteron. 

  1. Risiko penyakit jantung 

Peningkatan risiko jantung akan terjadi jika Anda kurang tidur. Meningkatnya tekanan darah akan membuat jantung bekerja ekstra. Jika dibiarkan terus menerus sangat berbahaya bagi tubuh. 

  1. Menurunkan keseimbangan tubuh

Efek terakhir yang akan terjadi jika Anda kurang tidur adalah menurunnya keseimbangan tubuh. Sistem koordinasi akan terdampak sehingga rawan jatuh dan kecelakaan fisik lainnya.

Tubuh Anda membutuhkan tidur, sama seperti ia membutuhkan udara dan makanan untuk berfungsi dengan baik. Selama tidur, tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri dan mengembalikan keseimbangan kimiawinya. Otak Anda membentuk koneksi pemikiran baru dan membantu retensi memori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro