Ilustrasi lansia mengalami sesak napas saat isolasi mandiri (isoman)/Freepik.com
Health

Kemenkes Berikan Layanan Telekonsultasi dan Paket Obat Gratis bagi Pasien Covid-19 Isoman

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 27 Januari 2022 - 14:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) memberikan layanan telemedis (telemedicine) Isoman (isolasi mandiri) kepada pasien terkonfirmasi varian Omicron Covid-19. Teknologi telemedis sediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedis untuk mengakses layanan ini, seperti Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Oleh karena itu, pasien Covid-19 bergejala ringan dan tanpa gejala bisa menjalani isolasi mandiri di rumah. Akan tetapi, layanan telemedis baru tersedia di Jabodetabek dan segera diperluas ke daerah lain.

Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes. Apabila hasilnya positif, lab penyedia tes Covid-19 melaporkan hasil ke NAR, lalu pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes secara otomatis.

Namun, jika tidak mendapatkan pemberitahuan via WhatsApp, maka pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri melalui link https://isoman.kemkes.go.id

Setelah dapat pemberitahuan WhatsApp, pasien bisa mendapatkan layanan di salah satu platform layanan telemedis untuk menerima fasilitas telekonsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis. Lalu, pasien layak isoman akan mendapatkan resep digital dan pasien menebus resep digital melalui link isoman.kemenkes.go.id/tebusresep. 

Ada 2 pilihan paket obat yang diberikan berdasarkan resep dokter. Namun, obat di luar paket ditebus dan dibayarkan di luar layanan telemedisin isoman.

Obat gratis yang didapatkan pasien berupa Paket A untuk semua umur pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet untuk dosis 10 hari. 

Sementara itu, Paket B untuk berusia 18 tahun ke atas pasien bergejala ringan, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kaplet, atau Molnupiravir 200 mg 40 kaplet, dan parasetamol tablet 500 mg untuk dosis 10 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro