Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemantauan Gula Darah Mandiri Penderita Diabetes Bisa Via Aplikasi

Ketua Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia (PEDI) Dr. dr. Aris Wibudi, Sp.PD-KEMD mendukung para diabetesi melakukan PGDM. Penggunaan aplikasi sangat memudahkan diabetesi untuk mengelola diabetesnya sesuai dengan anjuran dokter.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  14:23 WIB
Aplikasi Teman Diabetes
Aplikasi Teman Diabetes

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada tahun 2018, prevalensi diabetes di Indonesia bertambah dari 6,9% pada 2013 menjadi 10,9% pada 2018.

Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran para diabetesi melakukan Pemantauan Gula Darah Mandiri (PGDM).

Ketua Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia (PEDI) Dr. dr. Aris Wibudi, Sp.PD-KEMD mendukung para diabetesi melakukan PGDM. Penggunaan aplikasi sangat memudahkan diabetesi untuk mengelola diabetesnya sesuai dengan anjuran dokter.

"Aplikasi Teman Diabetes salah satunya membantu pasien untuk mengatasi kesulitan mengingat dalam melakukan PGDM sesuai anjuran dokter maupun edukator diabetes, membantu mengubah persepsi pasien atas manfaat PGDM, dan memperbaiki pola diet mereka. Penggunaan teknologi terbukti mampu memberikan keuntungan dalam manajemen diabetes. Namun keamanan data pasien harus terjamin agar tidak disalahgunakan,” kata dr. Aris.

Sementara itu, makin tingginya kesadaran penderita diabetes (diabetesi) dalam mengelola kondisi diabetes mereka, meningkatkan penggunaan aplikasi Teman Diabetes.

Aplikasi Teman Diabetes telah diunduh sebanyak lebih dari 50.000 pengguna di Google Play Store.

"Kami berharap agar semakin banyak diabetesi di Indonesia yang mempercayakan Teman Diabetes dalam membantu mengelola kondisi diabetes mereka, dengan menggunakan beberapa fitur utama aplikasi seperti Edukasi Dasar, Rekaman yang dapat terintegrasi dengan alat test gula darah dan Telekonsultasi," ujar Head of Doctor Pillar PT Global Urban Esensial (GUE), Mohamad Salahuddin dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan aplikasi besutan mereka juga sudah mendapatkan ISO 27001 yang merupakan suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). ISMS adalah seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi, serta untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

Untuk menjaga kerahasiaan data pengguna, aplikasi Teman Diabetes dari PT Global Urban Esensial meraih sertifikasi ISO 27001 dari
British Standard Institution terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Sertifikasi ini diperoleh karena komitmen Aplikasi Teman Diabetes dalam menjaga kerahasiaan data diabetesi sebagai pengguna aplikasi. Sertifikasi ini juga menunjukkan bahwa Aplikasi Teman Diabetes telah memenuhi standar internasional dalam melindungi data pribadi penggunanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gula diabetes
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top