Kardiovaskular/istimewa
Health

Usia Anda di Atas 40 Tahun? Cegah Kematian dengan Cara Ini

Ni Luh Anggela
Jumat, 28 Januari 2022 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa tetap aktif secara fisik dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dalam jangka panjang. Sebuah penelitian, yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine juga menunjukkan hal yang serupa.

Diperkirakan, 110.000 kematian di AS bisa dicegah setiap tahunnya, jika orang berusia 40 tahun menjadi lebih aktif secara fisik setiap harinya, menurut studi tersebut.

Dalam penelitian ini, para peneliti mempelajari keaktifan fisik dan tingkat kematian dalam populasi orang dewasa tertentu. Mereka juga memperkirakan jumlah kematian yang bisa dicegah setiap tahunnya dengan hanya sedikit peningkatan pada tingkat aktivitas fisik sedang hingga kuat. Demikian dilansir dari Eat This, Jumat (28/1/2022).

Data akselerometer digunakan untuk menganalisis korelasi antara aktivitas fisik dan kematian dalam sampel orang dewasa AS dan memperkirakan berapa banyak kematian yang dapat dicegah setiap tahun ketika menambahkan sedikit aktivitas fisik sedang hingga berat ke dalam aktivitas mereka.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa dengan menambahkan aktivitas fisik 10 menit saja, mereka dapat menghentikan 110.000 kematian yang terjadi setiap tahunnya di AS.

Sepuluh menit tersebut bisa berupa berjalan kaki di kompleks perumahan atau bersepeda.

Studi tersebut juga menuturkan, jumlah kematian akan semakin menurun bila jumlah aktivitas fisik meningkat setiap hari menjadi 20 atau 30 menit.

Seiring bertambahnya usia, berbagai risiko penyakit juga ikut menghantui. Ini termasuk penyakit kardiovaskular, demensia, kecemasan, dan depresi.

Oleh karena itu, seorang profesor kedokteran di Stanford Medicine Randall Stafford menyarankan untuk rutin melakukan latihan inti, latihan kekuatan dan peregangan, untuk menjaga keseimbangan dan fleksibilitas, serta mengurangi hilangnya otot, terutama untuk individu berusia 40 tahun ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro