Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tips Kurangi Risiko Alzheimer

Selain faktor usia, penyakit Alzheimer juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, pola hidup yang tidak sehat, kurang aktif secara sosial, hingga adanya pengendapan protein di dalam otak yang menyebabkan otak berhenti berfungsi dengan baik.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  20:44 WIB
Ilustrasi - meioambienterio.com
Ilustrasi - meioambienterio.com

Bisnis.com, JAKARTA - Identik dengan orang lanjut usia, penyakit Alzheimer merupakan penyakit progresif dimana gejala demensia secara bertahap memburuk selama beberapa tahun, yang pada akhirnya mengganggu kemampuan seseorang untuk beraktivitas secara mandiri.

Selain faktor usia, penyakit Alzheimer juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, pola hidup yang tidak sehat, kurang aktif secara sosial, hingga adanya pengendapan protein di dalam otak yang menyebabkan otak berhenti berfungsi dengan baik.

Meskipun faktor risiko seperti usia dan gen tidak bisa dicegah, faktor lainnya seperti pola hidup yang tidak sehat bisa Anda ubah untuk membantu mengurangi risiko Alzheimer.

Melansir Eat This, Senin (31/1/2022), para ahli yang tergabung dalam Asosiasi Alzheimer merekomendasikan beberapa cara berikut untuk mengurangi risiko Alzheimer.

1. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko Alzheimer. Anda bisa memilih, ingin melakukan olahraga aerobik maupun non aerobik seperti latihan kekuatan. Ini tidak hanya baik bagi tubuh, namun juga baik untuk otak Anda.

2. Pastikan waktu tidur Anda berkualitas

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tidur? Apakah kurang dari tujuh hingga sembilan jam? Jika iya, mungkin Anda perlu merubah kebiasaan tersebut. Pasalnya, selama tidur, otak mengalami 'rinse cycle' dimana otak membersihkan kotoran dan racun. Jadi, bisa terbayang bukan bila Anda tidur kurang dari tujuh jam?

3. Jaga kesehatan jantung Anda

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit Alzheimer juga menunjukkan gejala-gejala penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung penting untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, seperti buah dan sayuran serta mengurangi konsumsi daging merah, gula tambahan dan makanan olahan.

4. Tetap aktif secara sosial dan mental

Terlibat secara sosial dan rutin melakukan olahraga otak dengan aktivitas yang merangsang mental dapat membantu Anda lebih sehat dan mengurangi risiko Alzheimer. Misalnya, bermain kartu, catur, game online, puzzle serta game lain yang mengandalkan daya ingat dan kemampuan berpikir.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alzheimer tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top