Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tradisi Tahun Baru Imlek di 5 Negara Asia, Hidangkan Makanan Penuh Filosofi

Tahun Baru Imlek menjadi perayaan penting bagi keturunan Tionghoa. Berikut sejumlah tradisi yang biasanya dilakukan kala Imlek.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 01 Februari 2022  |  09:40 WIB
Ilustrasi tradisi saat perayaan Imlek - Freepik
Ilustrasi tradisi saat perayaan Imlek - Freepik

Bisnis.com, SOLO - Layaknya lebaran, Tahun Baru Imlek juga diperingati penuh dengan antusiasme oleh para keturunan Tionghoa. Bersamaan dengan itu, biasanya pun mereka akan menjalankan sejumlah tradisi.

Di Indonesia sendiri, misalnya, oleh mereka yang merayakan, hampir pasti selalu ada acara perjamuan keluarga dan berbagi angpao. Di beberapa tempat, terdapat pula pertunjukan kembang api dan barongsai yang membuat suasana tahun baru makin meriah.

Nah, lalu bagaimana dengan negara-negara lainnya, terutama yang ada di Asia? Berikut ulasannya.

1. China

Perayaan Imlek di China sempat terhenti saat rezim Mao Zedong. Namun, sekitar akhir abad ke-20, para pemimpin kembali menghidupkan tradisi tersebut. Lalu, pada tahun 1996, China pun meresmikan masa liburan yang disebut dengan Festival Musim Semi di mana setiap warganya bisa pulang ke kampung halamannya guna merayakan tahun baru.

Nah, untuk merayakan tahun baru itu sendiri, masyarakat setempat umumnya akan menyajikan aneka makanan, seperti sup bola beras ketan, kue beras berbentuk bulan, dan pangsit.

2. Korea

Perayaan Tahun Baru Imlek di Korea disebut dengan Seollal. Sama seperti di China, peringatan tahun baru ini pun sempat terhenti saat Jepang menguasai Korea dan akhirnya dihidupkan kembali pada 1989.

Nah, baik di Korea Utara maupun Selatan, saat Imlek akan selalu ada makanan, seperti irisan sup kue beras tteokguk dan hidangan yang terbuat dari lima biji-bijian berbeda. Selain itu, para tetua pun akan memberikan uang dalam amplop putih dan bermotif.

3. Filipina

Di Filipina, panganan tikoy atau kue beras ketan menjadi makanan utama selama Imlek. Keluarga Tionghoa pun berkumpul untuk makan malam dengan menyajikan tikoy yang melambangkan persatuan. Selain itu, terdapat pula mie yang melambangkan umur panjang, serta ikan dan pangsit yang diyakini membawa keberuntungan.

Sementara itu, para orangtua akan membagikan angpao kepada anak-anak yang mana diyakini membawa keberuntungan dan umur panjang bagi pemberi dan penerima.

4. Singapura

Tak berbeda dari negara lain, hari pertama Imlek yang dikenal sebagai yuandan anak-anak akan memberi hormat kepada orangtua dan menerima uang Tahun Baru atau angpao. Kemudian saat makan malam bersama keluarga akan tersedia aneka hidangan, seperti lumut laut kering (facai), kurma merah, kacang kering (fuzhu), jamur jeli hitam kering, kacang gingko, bihun beras transparan, jamur kering yang dipetik di musim dingin, hingga acar sayuran kering.


5. Vietnam

Saat imlek, rumah-rumah di Vietnam dihiasi dengan pohon kumquat dan berbagai jenis bunga, seperti bunga persik, krisan, anggrek, dan gladiola merah. Sang tuan rumah pun biasanya akan menyediakan makanan ringan bernama mut tet yang terbuat dari buah-buahan kering atau biji panggang yang dicampur dengan gula pada para tamu.

Selain itu, umumnya masyarakat pun akan menyantap banh chung, kue beras yang dibuat dengan kacang hijau, daging babi, dan bahan-bahan lain yang dibungkus dengan daun bambu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tahun baru imlek tradisi unik
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top