Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Pusing Kepala

Berikut daftar makanan yang mungkin diam-diam menyebabkan sakit kepala
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  12:13 WIB
Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Pusing Kepala
Kopi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah makanan Anda menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan?

Atau mungkin Anda tidak menyadarinya bahwa makanan Anda telah membuat Anda sakit kepala.

Ini karena 'makanan' membangkitkan rasa senang dan sulit mengaitkannya dengan rasa sakit. Tetapi para ahli percaya bahwa kebiasaan makan yang salah serta makanan dan minuman yang tidak sehat mungkin menjadi alasan rahasia untuk memicu sakit kepala yang parah.

Sakit kepala berdenyut sering dipicu karena adanya bahan kimia tertentu seperti Tyramine atau Histamin dalam makanan umum seperti keju, kue, anggur dan bahkan cokelat.

Berikut daftar makanan yang mungkin diam-diam menyebabkan sakit kepala seperti dilansir dari Times of India :

1. Kafein

Secangkir teh atau kopi panas tidak dapat disangkal merupakan obat terbaik untuk sakit kepala bagi kebanyakan dari kita, tetapi tahukah Anda terlalu banyak konsumsi kafein dapat lebih berbahaya daripada baik. Minum kafein berlebih dapat memicu gangguan pencernaan, ketidaknyamanan yang menyebabkan sakit kepala.

2. Keju

Ya, ini akan mengecewakan Anda, tetapi cinta keju mungkin menjadi alasan sakit kepala Anda. Ini karena jenis keju tertentu dibuat dengan fermentasi dan penuaan. Makanan tua mengubah protein dalam makanan menjadi senyawa yang disebut Tyramine, yang memicu sakit kepala. Varian keju artisanal seperti keju biru, keju cheddar, feat, dan varian lain yang dibuat karena penuaan dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Daging olahan

Seperti halnya kita suka memakan sosis, potongan bacon, pepperoni atau salamis, daging olahan yang menyenangkan ini dicampur dengan aditif dan pengawet, yang mengandung nitrit, yang melepaskan oksida nitrat ke dalam darah, yang melebarkan pembuluh darah di otak. Oksida nitrat ini mungkin menjadi salah satu alasan yang menyebabkan sakit kepala parah.

4. Buah asam

Buah-buahan asam sarat dengan antioksidan dan vitamin C, yang bagus untuk kesehatan, tetapi ini juga bisa menjadi salah satu alasan sakit kepala parah Anda. Ya, buah-buahan seperti jeruk bali, lemon, dan jeruk mungkin sering memicu sakit kepala, jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, yang terbaik adalah mengambilnya dalam jumlah sedang.

5. Wine

Jika Anda adalah penggemar anggur, maka ini mungkin penyebab sakit kepala Anda yang tiba-tiba. Ya, menurut American Migraine Foundation, orang yang menderita migrain sering melaporkan bahwa minum anggur merah memicu sakit kepala mereka, ini karena dua bahan kimia: Tyramine atau Histamine yang ada dalam alkohol.

6. Cokelat susu

Cokelat manis seperti susu seringkali dapat bekerja sebagai katalis untuk memicu sakit kepala. Menurut American Migraine Foundation, cokelat mengandung Kafein dan Phenylethylamine, yang memicu sakit kepala parah dan pemicu migrain.

7. Kue, roti

Kue dan roti dibuat menggunakan ragi, yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Selain itu roti dan makanan yang dipanggang juga mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai Tyramine, yang memicu sakit kepala dan sakit migrain yang parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sakit kepala
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top