Wedang jahe/Istimewa
Health

5 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Sakit Tenggorokan Akibat Omicron

Aliftya Amarilisya
Jumat, 11 Februari 2022 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Selain batuk dan pilek, sakit tenggorokan menjadi salah satu tanda atau gejala infeksi Covid-19 varian Omicron.

"[Pasien yang terinfeksi varian Omicron] banyak yang mengeluh tenggorokannya sakit dan biasanya diikuti dengan batuk-batuk kering dan mulai muncul sakit kepala, nyeri-nyeri badan, kemudian ada pilek atau hidung tersumbat, bahkan meler berair," kata dr. Erlina Burhan, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)

Nah, lalu bagaimana cara untuk mengatasi atau mengurangi sakit tenggorokan ini? Berikut sejumlah bahan makanan yang bisa Anda konsumsi guna membantu meringankan sakit pada tenggorokan.

1. Jahe

Dikutip dari laman Sehatq, jahe mengandung antiradang. Kandungan tersebut yang dapat melegakan tenggorokan dan dapat membunuh bakteri tertentu yang menyebabkan radang. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara diseduh atau ditambahkan ke dalam teh hangat.

2. Kunyit

Dilansir dari Tempo, kunyit mengandung antioksidan yang yang mana bisa untuk mengobati berbagai infeksi maupun luka. Nah, untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dengan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

3. Yogurt

Teksturnya yang lembut dan dingin membuat yogurt cocok dikonsumsi pasien Omicron dengan gejala sakit tenggorokan. Di samping itu, protein yang ada di yogurt juga bisa membuat pasien kenyang.

4. Madu

Madu mengandung zat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya dengan diminum langsung atau dicampur dengan air putih maupun teh hangat.

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus," kata Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

5. Teh

Teh hijau mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan melawan infeksi di tenggorokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro