Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tips agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Berikut 4 tips untuk membantu Anda agar tidur lebih nyenyak di malam hari, seperti yang dikutip dari Pink Villa, Jumat (11/2).
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  20:07 WIB
Ilustrasi wanita tidur nyenyak - Freepik
Ilustrasi wanita tidur nyenyak - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda berjuang untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan akhirnya malah buka media sosial sampai matahari terbit, maka ada sesuatu yang sangat salah dengan rutinitas harian Anda.

Kebiasaan makan yang tidak sehat hingga terlalu melelahkan diri sendiri, semua itu dapat mengganggu jadwal tidur Anda dan memperburuk keadaan Anda.

Berikut 4 tips untuk membantu Anda agar tidur lebih nyenyak di malam hari, seperti yang dikutip dari Pink Villa, Jumat (11/2/2022).

1. Pertahankan rutinitas waktu tidur yang teratur

Pastikan Anda tidur nyenyak selama delapan jam setiap malam. Beberapa ahli menyarankan bahwa orang dewasa yang sehat membutuhkan, setidaknya, tujuh jam tidur setiap malam.

Apabila Anda tidak yakin cara mencapainya, maka mulailah dengan mengatur alarm. Pertahankan waktu yang sama untuk tidur dan bangun. Satu jam harus menjadi perbedaan maksimum antara jadwal tidur di hari kerja dan akhir pekan Anda. Mempertahankan siklus tidur-bangun yang teratur lebih mudah jika Anda menaatinya.

2. Mandi air hangat

Jika Anda mengalami hari yang melelahkan di tempat kerja, maka sangat penting bagi Anda untuk merasa rileks sebelum tidur. Hal ini bisa dilakukan dengan mandi air panas atau hangat. Dengan demikian, akan menghapus semua kelelahan dan akan membuat Anda segar kembali. Semakin santai Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk tidur nyenyak.

3. Membatasi tidur siang di siang hari

Tidur siang yang lama di siang hari dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk tidur di malam hari. Jika Anda memutuskan untuk tidur siang, maka pertahankan tidak lebih dari 30 menit dan hindari melakukannya lagi di sore hari. Untuk mengimbangi kurang tidur jika Anda bekerja malam, maka Anda mungkin perlu tidur siang sebelum berangkat ke kantor.

4. Berlatih meditasi

Berlatih meditasi adalah jawaban untuk hampir semua masalah. Jika Anda tidak dapat tidur nyenyak, maka berlatihlah meditasi. Anda dapat memulainya dengan melakukannya selama 5 menit setiap hari dan kemudian secara bertahap meningkatkan durasinya. Hal ini akan membantu Anda menjaga pikiran tetap tenang dan menghasilkan tidur yang nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur tips sehat insomnia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top