Ilustrasi perempuan Korea Selatan menerapkan gaya hidup sehat/Freepik
Health

Ini Pentingnya Jaga Asupan Gula dan Garam untuk Kesehatan

Setyo Puji Santoso
Selasa, 15 Februari 2022 - 18:58
Bagikan

Bisnis.com, SOLO – Menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin menjadi kebutuhan saat pandemi Covid-19.

Namun demikian, bagi mereka yang sedang melakukan work from home atau kerja dari rumah, menjaga pola hidup sehat ternyata bukan perkara yang mudah.

Dengan banyaknya tugas kantor dan padatnya rutinitas tersebut terkadang membuat pola makan dan gaya hidup menjadi tidak sehat.

Alih-alih menjaga pola hidup sehat, dalam satu hari saja mereka bisa bolak-balik memesan makanan dan minuman melalui aplikasi pesan antar maupun ojek online yang kebanyakan mengandung tinggi gula dan garam.

Padahal, menurut ahli gizi Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Banun Ma'rifah Fatshidi, S.Gz., perilaku tersebut tidaklah baik. Pasalnya, makanan maupun minuman yang tinggi gula dan garam dapat mendatangkan berbagai penyakit dalam tubuh.

"Risiko kalau gulanya berlebihan akan meningkatkan diabetes melitus atau banyak orang lebih umum menyebut penyakit gula," ujar Banun dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/2/2022).

Sedangkan jika asupan garam tidak terkendali, bahkan sampai berlebihan dapat mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara Mengontrol Asupan Gula dan Garam

Nah, karena kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan asupan gula dan garam dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi, Banun memiliki tips agar kita bisa mengontrolnya.

Pertama, ia menyarankan orang-orang untuk mematuhi anjuran konsumsi gula, garam, dan lemak dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 30 Taun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak serta Pesan Kesehatan pada Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji. "Pedomannya adalah G4 G1 L5," ujar Banun.

G4 G1 L5 yang dimaksudnya adalah anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah sepuluh persen dari total energi atau setara 200 kkal.

"Gula empat sendok makan per orang yang setara dengan 50 gram per orang per hari," terangnya.

Kemudian, untuk anjuran asupan garam adalah sebanyak 2.000 mg natrium atau setara garam satu sendok teh per orang per hari. Jika disetarakan dengan kebutuhan rumah tangga, asupan garam menurut Kemenkes tersebut sama dengan 50 gram per orang per hari.

Selain anjuran G4 G1 L5, Banun juga meminta orang-orang untuk melakukan pelacakan terhadap makanan apa saja yang telah dikonsumsi selama sehari.

"Kalau pagi sudah teh manis ya harus di-tracking agar siang atau sore tidak minum yang manis-manis," tambah Banun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro