Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Hidup Sehat Fisik, Mental, dan Spiritual untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Berikut adalah beberapa saran untuk hidup sehat bagi mereka yang berusia 40 tahun
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  08:29 WIB
Olahraga - boldsky.com
Olahraga - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika seseorang menginjak usia 40 tahun, ada banyak alarm kesehatan yang harus diwaspadai.

Pola hidup sehat harus benar-benar terjaga, untuk menjaga kestabilan tubuh Anda.

Mereka yang berusia 40-an benar-benar memperhatikan kehidupan mereka, secara fisik, mental dan spiritual.

Ini termasuk soal pekerjaan, kesehatan, hubungan, bahkan cara Anda makan.

Berikut adalah beberapa saran untuk hidup sehat bagi mereka yang berusia 40 tahun seperti dilansir dari wexnermedical.osu.edu: 

1. Mulailah perawatan kesehatan preventif

Berusia 40 tahun biasanya berarti mengambil langkah proaktif untuk menjaga kesehatan Anda. Kunjungi dokter Anda setiap tahun untuk pemeriksaan. Dapatkan imunisasi Anda, pemeriksaan laboratorium (misalnya, tes kadar kolesterol dan glukosa), Pap smear dan mammogram untuk wanita. Untuk pria, pastikan Anda memiliki pemeriksaan testis tahunan dengan dokter dan bulanan Anda sendiri.

2. Pertahankan sikap positif

Jika Anda meninjau tujuan Anda dan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda, Anda akan menjadi lebih disengaja dalam kehidupan sehari-hari Anda dan dapat memenuhi ambisi jangka panjang Anda. Biasakan untuk bersyukur. Itu baik untuk hati dan jiwa. Lakukan kencan malam bulanan. Tetap berteman baik. Puji orang. Tertawa dan tersenyum. Jadwalkan kesenangan terlebih dahulu, sebelum bekerja. Saran-saran ini dapat membantu mengisi kembali jati diri kita.

3. Tidur

Kita membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam. Jika kita dapat menghindari jam alarm yang menggelegar membangunkan kita, itu lebih baik. Hindari elektronik dua jam sebelum Anda tidur dan membawa telepon ke tempat tidur.

4. Olahraga

Berhenti duduk. Dapatkan meja standup atau treadmill. Ambil istirahat mikro. Berdiri dan lakukan latihan peregangan atau berjalan. Lakukan latihan stasioner. Lakukan latihan beban untuk meningkatkan kekuatan otot.

5. Makan lebih banyak makanan sehat

Temukan pasar lokal dan sering-seringlah mengunjunginya. Cari pengganti, seperti buah kering dan batangan granola, untuk camilan yang tinggi gula dan lemak. Hindari makanan cepat saji dan makan di luar. Masak makanan sehat di rumah. Jika Anda makan di luar, rencanakan terlebih dahulu untuk pergi ke suatu tempat yang sehat. Minta opsi rendah lemak dan rendah garam pada menu.

6. Minum lebih banyak cairan

Tubuh kita terdiri dari tiga perempat cairan. Semakin baik kita terhidrasi, semakin baik kulit kita terlihat dan semakin baik perasaan kita. Jika Anda tidak suka air, bumbui dengan bubuk.

7. Atur keuangan Anda

Periksa rencana pensiun Anda. Apakah Anda berada di jalur yang benar? Miliki dana darurat untuk berjaga-jaga jika terjadi bencana, seperti kehilangan pekerjaan atau mengalami kesehatan yang buruk. Potong biaya jika Anda bisa.

8. Pertahankan kehidupan seks yang sehat

Ya, kami mungkin melakukan hubungan seks yang hebat pada awalnya, sekarang kami hanya teman sekamar. Rata-rata sekali atau dua kali sebulan. Buatlah romantis. Ini akan membuat Anda merasa lebih sehat dan lebih rileks. Orgasme mengurangi stres dan membantu membakar kalori.

9. Hindari kebiasaan buruk

Alkohol, rokok, dan potensi kecanduan lainnya, seperti berbelanja, bermain video game, atau berjudi, dapat menimbulkan stres. Tetapi membalikkan kebiasaan jenis ini dapat bermanfaat. Kualitas hidup dapat meningkat jika Anda berhenti. Hubungi dokter Anda atau orang-orang di komunitas Anda untuk mendapatkan dukungan.

10. Meditasi

Meluangkan waktu untuk bermeditasi akan membantu Anda memahami keadaan pikiran Anda saat ini. Ia juga dapat memberikan ketenangan dan bimbingan untuk jalan terbaik yang harus diambil.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

usia tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top