Bayam/bandt.com.au
Health

7 Makanan Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Agar Tulang Sehat dan Kuat

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 18 Februari 2022 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tulang adalah pahlawan tanpa tanda jasa dari tubuh kita. Sebagian besar dari kita hampir tidak memikirkan mereka saat menjalani hari kita, tetapi tanpa mereka, kita akan lebih seperti genangan air yang tidak bergerak daripada manusia.

Organ vital seperti paru-paru dan jantung tidak akan memiliki perlindungan sebanyak itu tanpa tulang rusuk. Dan jangan lupa bahwa otak kita akan jauh lebih rentan terhadap kerusakan jika kita tidak memiliki tengkorak.

Mengingat semua yang dilakukan tulang kita, sangat penting untuk menjaganya tetap sehat dan kuat. Ada tiga nutrisi yang penting untuk tulang Anda: kalsium, vitamin D, dan magnesium. Selain itu, vitamin A, fosfor, dan kalium semuanya diperlukan untuk tulang yang kuat. Nutrisi lain seperti seng dan vitamin B12, C, dan K dapat berperan dalam kesehatan tulang.

Berikut 7 makanan yang harus dikonsumi untuk kesehatan tulang, dilansir dari Health Digest:

1. Bayam

Menurut Healthline, bayam penuh akan kalsium, nutrisi yang penting tidak hanya untuk tulang Anda tetapi juga otot (seperti jantung). Ini juga sarat dengan pigmen yang disebut karotenoid (yang menjadi vitamin A dalam tubuh), vitamin C dan K1. Bayam juga mengandung magnesium dan potasium. Semua nutrisi ini penting untuk tulang Anda atau kontributor potensial untuk kesehatan tulang Anda secara keseluruhan.

2. Brokoli

Seperti yang ditunjukkan oleh Everyday Health, brokoli adalah sumber kalsium yang baik. Dan menurut NHS, kalsium adalah mineral penting untuk menjaga tulang Anda tetap bagus dan kuat. Selain itu, brokoli memiliki vitamin K yang dapat membantu menurunkan kemungkinan patah tulang. Namun jika Anda menggunakan pengencer darah, maka vitamin K meningkatkan pembekuan darah mengganggu obat Anda.

3. Susu Almond

Anda bisa mencampur susu almond Anda sendiri dengan menggunakan mentega almond dan air. Tapi almond bukanlah sumber kalsium alami yang baik, yang penting untuk tulang yang kuat. Namun, sudah umum bagi produsen susu almond untuk membentengi produk mereka dengan nutrisi. Faktanya, beberapa susu almond merek toko diperkaya dengan sebanyak 37% dari jumlah kalsium yang disarankan.

4. Kacang Mete

Jika Anda membutuhkan camilan yang ramah tulang, maka kacang mete bisa menjadi pilihan Anda karena nilai gizinya. Kacang mete dikemas dengan magnesium, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang Anda. Faktanya, osteoporosis dan defisiensi magnesium dapat berjalan beriringan, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Selain magnesium, kacang mete adalah sumber tembaga yang sangat baik.

5. Minyak Biji Rami

Jika Anda seorang wanita yang menderita diabetes atau telah mengalami menopause, temuan untuk makanan yang berpotensi ramah tulang ini sangat tepat untuk Anda. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian yang melibatkan minyak biji rami dan tikus betina. Dilakukan di Pusat Penelitian Nasional di Kairo, Mesir, eksperimen tersebut menemukan data yang menjanjikan tentang minyak biji rami dan osteoporosis.

6. Blueberry

Dari pai hingga muffin, buah beri yang berair ini merupakan tambahan populer. Tapi selain rasanya, blueberry bisa menambah banyak makanan sehat untuk tulang. Penelitian dilakukan bahwa tikus laboratorium yang mengonsumsi bubuk yang terbuat dari blueberry beku-kering memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada tikus yang tidak diberi bubuk.

7.  Kubis

Menurut Healthline, kubis (terutama kubis merah) adalah sumber vitamin C yang baik. Sekarang, American Bone Health mengatakan dampak vitamin C pada kesehatan tulang masih dieksplorasi. Dengan demikian, Office of Dietary Supplements menjelaskan bahwa tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, bahan penting untuk kesehatan tulang yang baik.

Adapun berikut 7 yang harus dihindari karena berdampak negatif pada tulang:

1. Apapun yang Tinggi Sodium

Berlebihan pada asupan natrium Anda dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda, termasuk tulang. Ketika tubuh menggunakan urin untuk membuang natrium dalam jumlah tinggi, kalsium ikut terbawa dalam proses yang sama. Hal ini dapat menyebabkan tulang Anda memiliki lebih sedikit mineral penting ini untuk membuatnya tetap kuat.

2. Alkohol

Apa yang Anda lakukan hari ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang Anda di masa depan, termasuk kemungkinan Anda terkena osteoporosis. Seperti yang diperingatkan NIH, mengonsumsi alkohol tidak hanya dapat membuang keseimbangan kalsium dalam tubuh Anda, tetapi juga seberapa banyak kalsium yang diserap tubuh Anda. Alkohol juga dapat mempengaruhi kadar vitamin D Anda, yang sangat penting bagi tulang.

3. Kacang Mentah yang Tidak Direndam

Kacang bisa jadi baik untuk tulang Anda karena merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium bekerja dengan kalsium dan vitamin D untuk membantu menjaga tulang Anda kuat dan sehat. Sayangnya, kacang memiliki potensi kelemahan dalam hal kesehatan tulang Anda karena mengandung sejumlah besar fitat.

4. Terlalu banyak daging merah

Daging merah bukan hanya daging dari sapi, tetapi bisa berasal dari jenis mamalia lain seperti kambing, babi, dan domba. Daging merah dikemas dengan sesuatu yang dibutuhkan tubuh untuk tulang Anda: protein. Tetapi mengonsumsi terlalu banyak dapat menjadi kontraproduktif dalam hal kesehatan tulang Anda karena bisa  menyebabkan kadar kalsium Anda turun.

5.  Minyak Terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi berpotensi buruk untuk tulang Anda. Menurut American Bone Health ada bukti yang mendukung hubungan potensial vitamin K dengan kesehatan tulang Anda. Plus, minyak terhidrogenasi (terutama jika hanya terhidrogenasi sebagian) menciptakan lemak trans, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

6. Terlalu Banyak Hati Sapi

Di satu sisi, hati sapi mengandung fosfor yang bisa bermanfaat bagi tulang Anda. Namun, ada satu kemungkinan kelemahan. Hati sapi mengandung vitamin A, yang jika berlebihan mengakibatkan kondisi yang disebut hipervitaminosis A atau toksisitas vitamin A. Nyeri tulang dan pembengkakan tulang adalah kemungkinan gejala keracunan vitamin A.

7. Terlalu banyak soda

Tidak mendapatkan cukup kalsium dapat membuat Anda lebih rentan terhadap setidaknya salah satu dari jenis minuman sehingga tidak baik untuk kesehatan tulang Anda secara umum. Dan jika Anda terus-menerus minum soda yang kurang kalsium daripada minuman kaya kalsium, Anda lebih mungkin mengalami masalah kesehatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro