Keju bermanfaat bagi kesehatan tulang
Health

10 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Redaksi
Minggu, 31 Maret 2024 - 21:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masalah pada tulang tidak hanya dialami pada kalangan usia lanjut saja, namun banyak orang pada usia muda juga mengalami masalah tulang yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat yang dijalani.

Mempunyai gaya hidup yang tidak sehat hanya akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh keseluruhan, maka mulai sekarang cobalah untuk mengubah gaya hidup lebih sehat melalui asupan makanan yang dikonsumsi.

Dilansir dari health.com, Minggu (31/1/2024) asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Simak makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang

1. Susu

Susu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali untuk meningkatkan kesehatan tulang. 

Mengonsumsi susu dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang melalui kandungan yang ada didalamnya yakni seperti kalsium. Menurut pedoman diet pada orang Amerika, beberapa jenis susu banyak mengandung kalsium yang berbeda-beda yakni meliputi: 

1 cangkir susu 1% : 305 miligram kalsium

1 cangkir susu skim : 298 miligram kalsium

1 cangkir buttermilk : 284 miligram kalsium


2. Yogurt

Menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi yoghurt, mempunyai kandungan rendah lemak dan kalsium alami yang baik untuk tulang yakni sekitar 30% dan 45%.

Kalsium sangat dibutuhkan tulang untuk itu mulai sekarang cobalah mengonsumsi 8 ons yogurt tanpa lemak karena mengandung 448-488 miligram kalsium, sedangkan apabila mengonsumsi 8 ons yogurt yunani rendah lemak mengandung 250-261 miligram kalsium.

Yogurt juga mengandung nutrisi, seperti:

Vitamin D 

Magnesium

Vitamin B12

Riboflavin

Yodium

4. Keju

Mengonsumsi keju dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang karena mempunyai kandungan kalsium, mineral, vitamin, dan protein.

Banyak sekali jenis keju didunia untuk itu harus mengetahui kandungan kalsium dari masing-masing jenisnya agar dapat memenuhi kalsium yang dibutuhkan tulang.

1/4 cangkir keju Swiss potong dadu : 294 miligram

1/4 cangkir keju mozarella parut tanpa lemak : 272 miligram

1/4 cangkir keju Amerika rendah lemak yang dipotong dadu : 240 miligram

1/4 cangkir keju cheddar potong dadu : 234 miligram

1/4 cangkir keju parmesan parut : 213 miligram

1/2 cangkir keju ricotta : 337 miligram

4 ons keju cottage : 125 miligram


5. Alternatif susu

Bagi Anda yang tida bisa mengonsumsi jenis susu hewani seperti susu sapi atau susu kambing karena mengalami intoleransi terhadap laktosa. Jangan khawatir, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi susu alternatif yang terbuat dari nabati.

Susu nabati yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tulang

1 cangkir susu kedelai tanpa pemanis : 301 miligram kalsium dan 119 unit internasional vitamin D

1 cangkir susu almond tanpa pemanis : 442 miligram kalsium dan 54 unit internasional vitamin D

1 cangkir susu beras : 283 miligram kalsium dan 51 unit internasional vitamin D

6. Ikan sarden

Beberapa jenis ikan dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang salah satunya ikan sarden. Kaya akan kandungan kalsium menjadikan ikan ini sangat bagus untuk tulang, mengonsumsi 3,75 ons sarden kalengan terdapat 351 miligram kalsium dan vitamin D.

7. Ikan salmon

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang cukup populer dalam dunia kesehatan, ikan ini mempunyai banyak kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang karena mempunyai kandungan kalsium sebesar 13 miligram pada 3 ons salmon matang. Salmon juga kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk kesehatan jantung, mata, dan otak.

8. Ikan tuna

Ikan tuna memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tidak terkecuali dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Mempunyai kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan tulang yakni sebesar 26 miligram pada setiap satu kaleng tuna menjadikan ikan ini dianjurkan untuk dikonsumsi dalam upaya menjaga kesehatan tulang.

9. Kuning telur

Kuning telur mempunyai beberapa kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tidak terkecuali dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Kuning telur mempunyai kandungan kalsium yang dibutuhkan tulang yakni sebesar 22 miligram pada setiap satu kuning telur dan terdapat vitamin D yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang.

10. Sayuran hijau

Mengonsumsi beberapa jenis sayuran hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang yakni seperti sayuran kangkung, sawi, bayam, dan bok choy.

Sayuran hijau kaya akan kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Berikut jumlah kandungan kalsium pada sayuran hijau:

1 cangkir kangkung matang: 177 miligram 

1 cangkir sawi matang: 165 - 268 miligram 

1 cangkir bayam matang: 245 miligram 

1 cangkir bok choy matang: 185 miligram

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro