Puteri bungsu Prof.Rosseno, Damiyanti Roosseno (kedua kiri), menerima penghargaan Herman Johannes Award
Relationship

Prof Roosseno Terima Penghargaan Herman Johannes 2022

Newswire
Selasa, 22 Februari 2022 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (KATGAMA) memberikan penghargaan Herman Johannes 2022 kepada Prof Roosseno Soerjohadikoesoemo atas jasa dan dedikasinya untuk Tanah Air.

"Penghargaan diberikan kepada Prof.Roosseno atas jasa pengabdian, dedikasi dan karya pembangunan yang luar biasa kepada bangsa dan Tanah Air semasa beliau masih hidup, semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua," ujar Ketua KATGAMA, Agus Priyatno dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad.

Herman Johannes Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh KATGAMA kepada para tokoh yang dianggap memiliki peran nyata dalam pengembangan IPTEK di Indonesia.

Penghargaan itu diberi nama Herman Johannes, sosok Pahlawan Nasional yang telah banyak berjasa dalam kemajuan Bangsa. Herman adalah Menteri Pekerjaan Umum & Rekonstruksi Ke-7 tahun 1950-1951 dan Rektor UGM ke-2 pada periode 1961- 1966.

Sementara Prof Dr Ir Roosseno Soerjohadikoesoemo, lahir di Madiun pada tanggal 2 Agustus 1908 dan wafat pada tanggal 15 Juni 1996. Prof Roosseno merupakan anak keenam dari pasangan Raden Roostamadji Soemodiwiryo dan Raden Rara Endran Soemodilogo.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua KATGAMA kepada Damiyanti Roosseno, puteri bungsu Prof Rooseno yang disaksikan oleh Pimpinan dan Sivitas Akademika FT UGM serta perwakilan keluarga yang hadir, yaitu Cyril Noerhadi beserta Istri Nia Ayu Ismaniati (Dekan FKG UI), dan Juzuar Nazief.

Perwakilan keluarga, Cyril Noerhadi mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada KATGAMA atas penghargaan yang diberikan kepada Prof Roosseno.

Cyril menyampaikan secara singkat pemikiran-pemikiran dari Prof Roosseno yang dikutip dari buku Roosseno: Jembatan & Menjembatani, penerbit Yayasan Obor Indonesia, tahun 2008, saat peringatan 100 tahun lahirnya Prof.Ir.Roosseno, dan masih sangat relevan dalam konteks masa kini.

Puteri kelima Prof Roosseno, Amalia Roosseno juga menyampaikan ucapan terima kasih. Amalia berharap semoga teladan dan pesan-pesan ayahnya yang terkandung dalam Mutiara Roosseno mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda saat ini.

Pada tahun 1932, Prof Roosseno menikah dengan Raden Ayu Oentari dan memiliki lima puteri dan satu putera.

Dikenal sebagai Bapak Beton Indonesia, Prof Roosseno merupakan Insinyur sipil, lulus dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang Institut Teknologi Bandung/ITB) pada tahun 1932. Prof Roosseno dikenal sebagai pelopor konstruksi beton di Indonesia.

Nama Prof Roosseno selalu dikaitkan dengan rekayasa teknik sipil Indonesia. Dialah penerjemah ulung gambar dan desain para perancang bangunan ke dalam bentuk dan struktur pada masanya.

Prof Roosseno mengawali karirnya dengan berwiraswasta, yakni mendirikan Biro Insinyur Roosseno & Soekarno ( Presiden pertama RI ) pada tahun 1933. Kemudian, pada 1 April 1944, Prof Roosseno diangkat menjadi Guru besar (kyudju) bidang ilmu beton di Bandung Kogyo Daigaku dan 26 Maret 1949 diangkat menjadi Guru Besar luar biasa ilmu beton di Universiteit Van Indonesia, Faculteit van Technische Wetenschap di Bandung.

Empat tahun kemudian, Presiden Soekarno memberikan kepercayaan kepada Prof Roosseno sebagai menteri, diantaranya Menteri Pekerjaan Umum Ke-10 tahun 1953, Menteri Perhubungan Ke-7 tahun 1953-1954, dan Menteri Perekonomian Ke-12 tahun 1954-1955.

Selain itu, Prof Roosseno juga dipercaya Presiden Soekarno untuk merealisasikan sejumlah pembangunan termasuk proyek mercusuar, seperti  Gedung Pola, Jakarta by Pass, Masjid Istiqlal, Monas, Hotel Indonesia, Wisma Nusantara, Sarinah Thamrin, Hotel Ambarukmo, Hotel Samudra Indonesia, Restorasi Candi Borobudur Serta Kompleks Asian Games Senayan dan sejumlah bangunan monumental lainnya di Indonesia.

Pada bidang pendidikan peranannya juga sangat besar, yakni sebagai promotor pendirian Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada di Yogyakarta dan Inisiator pembentukan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden Soekarno, berdirilah FT UI dan menjadikan Prof Roosseno sebagai dekan pertama Fakultas Teknik UI pada 17 Juli 1964.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro