Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Perawatan

Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika peneliti mengoleskan minyak zaitun pada kulit tikus yang terpapar sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Februari 2022  |  17:54 WIB
Minyak zaitun - tsmc.com.au
Minyak zaitun - tsmc.com.au

Bisnis.com, JAKARTA - Zaitun adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar.

Zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Melansir Healthline, memiliki banyak kegunaan. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika peneliti mengoleskan minyak zaitun pada kulit tikus yang terpapar sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker, minyak zaitun justru bekerja untuk melawan sel-sel penyebab kanker. Tingkat tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang dioleskan minyak zaitun ke kulit mereka.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit

Kaya vitamin

Minyak zaitun memang memiliki beberapa manfaat yang dilaporkan untuk kulit. Menurut International Olive Council, minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E.

Memiliki sifat antioksidan

Minyak zaitun juga merupakan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah atau membalikkan kerusakan akibat radiasi ultraviolet penyebab kanker. Ini memiliki konsentrasi bahan yang disebut squalene yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain yang biasanya dimakan manusia. Squalene inilah yang memberi minyak zaitun dorongan antioksidan ekstra.

Melembabkan dan melawan bakteri

Jika Anda rentan terhadap jerawat, menggunakan sabun yang dibuat dengan minyak zaitun dapat membantu mengurangi jerawat Anda dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Minyak zaitun juga dikenal untuk melembabkan dan menghidrasi kulit Anda.

Minyak zaitun adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, ada sangat sedikit penelitian tentang efektivitasnya.

Mustika Ratu, perusahaan yang memproduksi kosmetik dan produk kesehatan yang bermarkas di Jakarta, Indonesia merupakan salah satu produsen kosmetik yang memanfaatkan zaitun ini sebagai kandungan dari produknya.

Beberapa produk yang dibuat dengan kandungan zaitun itu antaralain minyak zaitun, face wash, peel off mask, shower gel, body soap, body scrub, body butter, hand and body lotion, hans sanitizer, dan hand gel.

"Terinspirasi dari kekayaan manfaat buah zaitun (holy fruit), Minyak Zaitun Mustika Ratu diformulasikan untuk mengatasi berbagai permasalahan hanya dengan satu produk, memiliki kandungan mengandung antioksidan, Vitamin A,D,E, dan K," tulis pernyataan mereka.

Khusus untuk minyak zaitun yang menjadi salah satu favorit, mengandung beragam kandungan yang bisa menjaga kecantikan dan kesehatan kulit seperti berikut ini :

1. Vitamin E,K yang menutrisi, melembapkan kulit, dan mencegah penuaan dini.

2. Antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga kulit terhindar dari risiko kulit kusam, hiperpigmentasi, garis halus, dan jerawat

3. Biji Mojokeling sebagai skin conditioning dan menyegarkan kulit

4. Aromatic Essential Jasmine & Rose yang dapat menenangkan dan stress release

Sedangkan, zaitun juga ternyata bisa menjadi hand sanitizer. Mustika Ratu mengkombinasikan alkohol 70% untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri, Aloe Vera dan Olive Oil untuk melembabkan, menutrisi dan melembutkan kulit, Tea Tree Oil sebagai antiseptik, dan Eucalyptus Oil sebagai antiseptik dan membantu menghilangkan bau.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecantikan Minyak Zaitun
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top