Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Pendukung Pernikahan Kembali Bangkit pada 2022

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangkitkan kembali industri wedding di tanah Air adalah berbagai ajang pameran pernikahan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Februari 2022  |  02:23 WIB
Ilustrasi pernikahan. - Antara
Ilustrasi pernikahan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 lalu telah memberi dampak yang signifikan dalam industri pendukung pernikahan. Apalagi pada awal pandemi masuk ke Indonesia, pesta pernikahan yang mengumpulkan banyak orang, sama sekali tidak diperbolehkan.

Kondisi ini membuat banyak calon pengantin yang menunda pesta pernikahan yang pada akhirnya berdampak langsung dan menekan semua aspek lini bisnis dalam industri pernikahan mulai dari wedding organizer (WO), catering, dekorasi, dokumentasi, makeup artist dan lain sebagainya.

Gandi Priapratama, Ketua Umum HASTANA (Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan Indonesia) mengatakan setelah satu tahun pandemi berjalan, industri pernikahan mulai bangkit dengan berbagai batasan dan penyesuaian termasuk konsep pernikahan yang berbeda.

“Saya optimistis akan terjadi pertumbuhan yang sangat signifikan. Pasalnya, banyak calon pengantin yang tadinya menunda pelaksanaan pesta pernikahan pada 2020 atau 2021 yang kemudian mengalihkannya di tahun 2022 ini. Ditambah dengan calon pengantin yang memang sudah merencanakan pernikahan di tahun ini,” ujarnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangkitkan kembali industri wedding di tanah Air adalah berbagai ajang pameran pernikahan. Sejak akhir tahun lalu dan di awal 2022 ini sudah ada sejumlah pameran pernikahan yang digelar untuk membantu calon pengantin mewujudkan pernikahan impian yang sempat tertunda akibat pandemi.

Sebut saja Ajang Gebyar Pernikahan Indonesia Edisi Lagoon Garden yang digelar di The  Sultan Hotel & Residence Jakarta pada 5-6 Maret 2022. Acara yang digelar dan diinisiasi oleh Parakrama Organizer bekerja sama dengan pihak The Sultan Hotel & Residence ini menjadi langkah untuk meramaikan kembali industri wedding.

Ketua Panitia pameran Gebyar Pernikahan Indonesia Tommy Yoewono mengatakan pameran ini bertujuan untuk membangkitkan kembali industri wedding yang hampir 2 tahun lumpuh karena kondisi pandemi, serta memudahkan para calon pengantin untuk mencari kebutuhan mereka.

Peserta yang ikut dalam pameran Gebyar Pernikahan Indonesia di antaranya catering, dekorasi, rias & busana pengantin, suvenir, Wedding Organizer, Entertainment, Foto & Videografi, Jewellery, Produk Kecantikan dan banyak lagi.

“Puluhan vendor terbaik di bidangnya akan hadir dalam perhelatan akbar ini. Ada pula mini show berupa Music Live, Fashion Show, dan live streaming pengundian doorprize,” katanya.

Menurutnya, sejak pandemi banyak pasangan yang tertunda menggelar acara pernikahan sehingga pameran ini diharapkan dapat menjadi solusi dan kesempatan bagi calon pasangan yang masih bingung mempersiapkan pernikahan. 

“Pengujung pameran bisa berkonsultasi dengan vendor-vendor pernikahan yang dapat membantu menyukseskan acaranya, dengan berbagai sajian promo-promo menarik dari vendor terbaik yang kami pilih,” katanya. 

Untuk memperlancar pelaksanaan dan menerapkan protokol kesehatan, para pengunjung perlu melakukan proses registrasi atau daftar data diri di website www.Gebyarpernikahanindonesia.com. Pastikan juga telah divaksin minimal dosis 1 dan mempunyai aplikasi “Peduli Lindungi” demi mematuhi protokol kesehatan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pernikahan event organizer
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top