Ilustrasi sakit kepala akibat gejala tumor otak
Health

Tanda-tanda Tumor Otak yang Tidak Boleh Diabaikan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 8 Maret 2022 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tumor otak, dapat dengan mudah didiagnosis sejak dini berkat perkembangan teknologi dan pengalaman dokter.

Namun, karena gejala tumor otak bisa tidak terdeteksi karena kurangnya kesadaran sosial dan ketakutan yang meluas untuk pergi ke rumah sakit selama pandemi, ada kemungkinan besar tumor tidak diobati sampai stadium lanjut.

"Di negara kita, sekitar 17.000 orang didiagnosis dengan tumor otak baru setiap tahun. Sangat penting untuk tidak mengabaikan keluhan dan segera berkonsultasi dengan dokter, karena mungkin keterlambatan dalam perawatan pasien dengan tanda dan gejala neurologis ... konsekuensi yang sangat serius," kata spesialis bedah otak dan saraf Rumah Sakit Ac?badem Maslak, Dr. Gökhan Bozkurt dilansir dari Daily Sabah.

Bozkurt menjelaskan 10 gejala penting tumor otak yang tidak boleh diabaikan dan menawarkan peringatan dan saran penting.

COVID-19 menyebabkan banyak masalah neurologis seperti sakit kepala, pusing, mual, muntah, sulit berkonsentrasi, insomnia, dan perubahan tingkat kesadaran. Bozkurt menyatakan bahwa lebih dari sepertiga pasien COVID-19 memiliki efek samping dan gejala neurologis sejak awal epidemi.

“Sangat penting bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan tanda dan gejala neurologis ringan dievaluasi dengan hati-hati dan tanpa mengabaikan bahwa keluhan ini juga dapat dikaitkan dengan tumor otak.”

Studi klinis dan eksperimental yang semakin banyak dilakukan saat ini pada tumor otak menunjukkan bahwa beberapa gen dan protein yang salah kode berperan aktif dalam perkembangan tumor.

"Beberapa faktor seperti radiasi dan bahan kimia karsinogenik juga memfasilitasi pembentukan tumor otak. Selain itu, diamati bahwa ada kecenderungan keluarga dalam pembentukan beberapa tumor otak," kata Bozkurt.

Bozkurt menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, berkat pengalaman dokter dan teknologi medis baru di bidang bedah saraf di negara kita, perkembangan yang sangat penting telah dicapai dalam diagnosis dan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro