Ilustrasi kanker prostat/Mayo Clinic
Health

Waspada, Ini 20 Gejala Umum yang Bisa Saja Indikasi Kanker

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 15 Maret 2022 - 12:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pasien kanker hidup lebih lama hari ini karena deteksi dini dan pilihan pengobatan yang lebih baik. Jumlah diagnosis kanker, bagaimanapun, meningkat dan diperkirakan akan meningkat menjadi hampir 23,6 juta pada tahun 2030, menurut National Cancer Institute.

Populasi yang menua dan usia merupakan salah satu faktor risiko terbesar untuk kanker. Semakin cepat kanker didiagnosis, semakin baik peluang untuk mengalahkannya. Masalahnya adalah banyak kanker, terlepas dari mana asalnya, seringkali memiliki gejala yang tidak spesifik, seperti kelelahan, yang diabaikan orang.

Gejala kanker cenderung kurang jelas, tetapi hampir tidak pernah muncul secara terpisah. Gejala tersebut akan terus berulang dan akan memburuk dari waktu ke waktu. Berikut 20 gejala yang bisa jadi merupakan kanker dilansir dari 24/7 Wall st.

1. Kembung

Kembung adalah tanda paling awal yang paling umum dari kanker ovarium. Kembung pada tahap awal penyakit sebenarnya adalah pembentukan gas di perut sebagai akibat dari pertumbuhan tumor dan menyebabkan peradangan lokal. Kembung juga dikaitkan dengan kanker pankreas, payudara, usus besar, dan perut.

2.  Sakit perut

Ini biasanya terjadi ketika pasien pergi untuk memeriksa sakit perut yang mungkin mereka rasakan. Benjolan ginjal sulit dirasakan karena ginjal terletak jauh di dalam perut, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit. Selain kanker ginjal, bisa jadi kanker perut, ovarium, dan pankreas.

3. Batuk

Batuk kering yang persisten biasanya merupakan gejala infeksi saluran pernapasan. Ini juga bisa menjadi tanda alergi. Namun, batuk yang berlangsung beberapa minggu dan tampaknya semakin memburuk mungkin merupakan tanda kanker paru-paru, salah satu kanker paling umum pada pria dan wanita.

4. Perubahan tampilan tahi lalat

Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum di antara pria dan wanita, dan tahi lalat adalah cara yang baik untuk mendeteksinya. Setiap perubahan ukuran, warna, bentuk, atau permukaan tahi lalat, serta munculnya bintik-bintik baru atau pembengkakan baru di luar batas tahi lalat, harus diperiksa.

5. Kenyang lebih awal

Sinyal awal kanker ovarium dapat berupa rasa kenyang setelah makan sedikit saja. Rasa kenyang dini juga bisa menjadi tanda kanker perut. Tumor mendorong usus, yang mendorong perut menghasilkan lebih sedikit ruang untuk makanan.

6. Kram terus-menerus

Ketidaknyamanan perut seperti kram dan nyeri gas mungkin merupakan tanda kanker usus besar jika terus-menerus dan memburuk dari waktu ke waktu. Ketika gejala ini terjadi, kanker biasanya sudah lanjut. Karena sebagian besar gejala kanker usus besar biasanya tidak muncul sampai tumor menyebar.

7. Tekanan pada kandung kemih

Merasakan tekanan atau nyeri di kandung kemih yang tidak hilang setelah satu atau dua minggu adalah tanda yang lebih spesifik dari kanker ovarium. Rasa sakit kemungkinan disebabkan oleh tumor atau cairan di perut yang menumpuk karena tumor. Saat kanker, sakit perut dan tekanan pada kandung kemih cenderung terjadi bersamaan.

8. Infeksi saluran pernafasan yang sering

Kanker paru-paru sangat umum tetapi jarang terdeteksi secara dini. Salah satu gejalanya adalah bronkitis atau pneumonia yang tampaknya tidak hilang, karena tumor di paru-paru dapat menghalangi jalan napas, menyebabkan infeksi yang sering.

9. Kelelahan terus-menerus

Menjadi lelah dan memiliki stamina yang rendah adalah gejala dari banyak kondisi kronis. Orang dengan kanker merasa sangat lemah atau terkuras energinya. Bahkan aktivitas fisik ringan pun melelahkan.

10.  Pendarahan tidak normal

Banyak wanita mengalami tanda pertama kanker rahim yaitu pendarahan vagina yang tidak normal. Terlepas dari apakah itu hanya bercak, aliran encer dan darah, atau pendarahan hebat, itu harus diselidiki terutama jika itu terjadi selama atau setelah menopause. Pendarahan yang tidak teratur juga merupakan tanda umum dari kanker serviks. Ini dapat terjadi di antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seks

11. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Penurunan berat badan adalah gejala umum pada banyak kanker, tetapi lebih sering terjadi pada stadium lanjut. Penurunan berat badan yang tidak disengaja, terutama jika terjadi bersamaan dengan gejala lain yang mungkin terjadi, secara khusus dapat menjadi tanda kanker rahim.

12. Nyeri di setiap bagian payudara

Penting untuk mengetahui bagaimana payudara biasanya terasa dan terlihat karena setiap perubahan ukuran atau penampilan seperti pembengkakan, kemerahan, benjolan, atau nodus harus diselidiki.

13. Perubahan buang air besar

Sembelit atau diare juga bisa menjadi tanda kanker usus besar. Setelah menyebar ke usus besar atau dari pembentukan asites, kanker ovarium dapat menyebabkan penyempitan usus dan menyebabkan sembelit.

14. Sakit punggung

Sakit punggung cenderung tidak muncul secara terpisah dari gejala lain ketika penyebabnya adalah kanker. Sakit punggung dapat berkembang pada wanita dengan kanker ovarium karena penumpukan cairan di daerah panggul, terutama jika rahim terbalik.

15. Darah dalam urin

Darah dalam urin, baik terlihat jelas atau hanya terlihat di bawah mikroskop, bisa jadi merupakan tanda awal kanker kandung kemih atau ginjal. Darah bisa muncul dan kemudian menghilang, tetapi jika itu kanker, itu akan muncul kembali.

16. Sakit panggul

Kanker kandung kemih adalah salah satu kanker urologi yang paling umum, hampir semuanya lebih sering terjadi pada pria. Nyeri panggul merupakan tanda kanker kandung kemih ketika sudah lanjut.

17. Kesulitan atau ketidaknyamanan buang air kecil

Gejala kanker prostat, terutama pada tahap awal, bisa mirip dengan gejala yang umum dialami banyak pria seiring bertambahnya usia, termasuk hilangnya kontrol kandung kemih, keinginan yang lebih sering untuk pergi ke kamar mandi, dan ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

18. Perubahan warna payudara

Perubahan warna kulit payudara, areola, atau puting susu mungkin merupakan tanda awal kanker payudara. Warnanya bisa berubah menjadi merah muda, merah, dan bahkan ungu. Ini mungkin terlihat seperti memar.

19. Suara serak

Sebagian besar waktu, suara serak disebabkan oleh peradangan pita suara yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas. Suara serak yang terus-menerus merupakan tanda kanker laring atau paru-paru, serta kanker tiroid.

20.  Benjolan payudara

Benjolan atau massa di payudara, meskipun terlalu kecil untuk menyebabkan perubahan apa pun, adalah salah satu tanda pertama kanker payudara. Benjolan bisa tidak nyeri, keras, tidak rata, lunak, atau bulat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro