Ilustrasi gejala varian Omicron tenggorokan gatal/Freepik
Health

Simak! Ini Beda Gejala Covid-19, Flu, Pilek, dan Alergi

Lukman Nur Hakim
Selasa, 15 Maret 2022 - 19:43
Bagikan

Perbedaan utama Covid-19 dan Flu

Perbedaan Flu dan Covid-19

Dua perbedaan paling mencolok antara Covid-19 dan flu adalah waktu yang dibutuhkan untuk gejala muncul, dan hilangnya rasa dan bau. Biasanya diperlukan waktu lebih lama untuk gejala Covid-19 muncul setelah terpapar dua hingga 14 hari untuk COVID-19 versus satu hingga empat hari untuk flu.

Apakah Bisa Terkena Flu dan Covid-19 Bersamaan?

Anda pasti bisa tertular flu dan Covid-19 secara bersamaan. Dr. Hamer mencatat bahwa seseorang dengan virus Corona mungkin sangat kesulitan dengan gejala flu tambahan.

"Telah dilaporkan, tetapi ternyata kami tidak memiliki banyak pengalaman dengan koinfeksi karena tahun lalu ketika kami mengalami lonjakan Covid-19 yang sangat besar, itu adalah musim flu paling ringan yang pernah tercatat," kata Dr. Daniel Solomon, seorang dokter penyakit menular di Brigham and Women's Hospital.

Bagaimana Tau Jika itu Flu dan Bukan Covid-19?

Gejala flu biasa juga mirip dengan Covid-19 dan flu. Seperti Covid-19, Anda mungkin merasakan gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, dan pilek. Tapi pilek biasa biasanya juga disertai dengan bersin, mata berair dan post-nasal drip. Namun, mungkin lebih sulit bagi dokter untuk segera mendiagnosis jika Anda memiliki gejala lain selain gejala flu biasa.

Biasanya, pilek biasa sembuh dengan sendirinya dan tidak menyebabkan komplikasi kesehatan lebih lanjut dan seringkali dapat diobati dengan obat yang dijual bebas. Berikut daftar gejala Covid-19 yang berbeda dengan flu biasa:

  • Kehilangan rasa atau bau
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Demam
  • Pegal-pegal
  • Sakit dada
  • Sulit bernafas
  • Mual atau diare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro