Ilustrasi/Pexels.com
Health

Ayah dan Bunda, Ini 4 Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Aliftya Amarilisya
Kamis, 31 Maret 2022 - 09:02
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Bulan Ramadan memang selalu menghadirkan tantangan tersendiri, tak terkecuali bagi orang tua yang harus mengajarkan puasa kepada anaknya untuk pertama kali.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa?

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K) pun mengatakan bahwa orang tua bisa mulai mengajari anak berpuasa ketika ia berusia di atas 7 tahun.

Menurutnya, pada usia tersebut dampak kesehatan yang tidak diinginkan akibat berpuasa semakin jarang ditemui.

"Jika anak sudah lebih besar, ketika memasuki usia remaja, risiko hipoglikemia akan semakin berkurang. Mereka sudah lebih mampu menahan lapar dan haus. Suatu penelitian di Qatar menunjukkan performa akademik anak berusia 12 tahun yang sedang berpuasa juga cukup baik," katanya, dikutip dari Antara pada Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut, dr. Nurul lantas turut membagikan sejumlah cara atau tips bagi orang tua untuk mengajari si kecil berpuasa. Berikut ulasannya.

Tips mengajari anak berpuasa

1. Mulai dari makanan padat

Anda bisa mulai mengajari anak untuk berpuasa dari makanan padat terlebih dahulu dan tetap mengizinkan mereka untuk minum agar terhindar dari dehidrasi.

"Mulailah mengajari anak untuk berpuasa dari makanan padat terlebih dahulu dan izinkan mereka tetap minum air untuk menghindari kekurangan cairan, terutama jika cuaca panas," kata dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K).

2. Puasa seperempat hari

Anda juga bisa memulai mengajak anak berpuasa selama seperempat hari saja. Misalnya, dimulai pukul 6 hingga 12 siang.

"Dengan pola seperti ini, anak belajar menahan lapar dari makanan yang sehari-hari dimakan," katanya.

3. Tahan haus

Jika step sebelumnya sudah dapat diterapkan dengan baik, maka Anda bisa mulai mengajarinya untuk menahan haus. Umumnya, anak-anak masih dapat tahan tidak minum air selama 2-4 jam.

4. Beri makanan bernutrisi

Pastikan anak Anda mendapat makanan bergizi saat sahur dan berbuka. dr. Nurul pun menyarankan agar Anda menghindari memberikan anak makanan yang mengandung gula sederhana, seperti makanan ringan yang manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro