Ilustrasi tiroid/istimewa
Health

Tanda Gangguan Hormonal Tiroid dapat Dideteksi pada Kuku Jari Anda

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 3 April 2022 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Gangguan tiroid sering menyebabkan tanda-tanda halus di awal.

Gejala kian menonjol seiring waktu dan mulai mempengaruhi fungsi tubuh. Jika berhasil dideteksi di hari-hari awal, dimungkinkan untuk cepat menyembuhkan penyakit tiroid, memperbaiki gejala, dan menghindari komplikasi yang terkait dengannya.

Melansir times of india, tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang ada di pangkal leher, bertanggung jawab untuk memproduksi tiga hormon penting bagi tubuh. Hormon-hormon ini mengatur metabolisme tubuh, otot dan fungsi pencernaan dan juga dibutuhkan dalam perkembangan otak dan pemeliharaan tulang. Ketika kelenjar tidak menghasilkan jumlah hormon yang cukup, kondisi ini disebut sebagai hipotiroidisme atau tiroid yang kurang aktif.

Orang yang menderita kondisi ini diberi resep obat untuk menyeimbangkan kadar hormon mereka karena jika kondisi ini tidak diobati, dapat menyebabkan anemia, kebingungan, gagal jantung, atau bahkan koma. Mengenali tanda-tanda awal kondisi dapat membantu untuk mengambil tindakan yang tepat pada waktu yang tepat. Berikut adalah tanda umum yang dapat Anda deteksi pada kuku Anda.

Tanda-tanda yang harus dicari di kuku Anda

Kuku Anda mengungkapkan banyak hal tentang kondisi kesehatan Anda. Warna, sentuhan putih, semburat kemerahan, atau riak, semua karakter ini adalah cerminan dari kesehatan internal. Salah satu yang menonjolkan tiroid yang kurang aktif adalah kuku yang tumbuh lambat dan rapuh.

Karena lebih sedikit hormon tiroid, semua fungsi tubuh melambat. Ini juga mempengaruhi kuku, dan mereka menjadi rapuh dan mulai tumbuh perlahan. Menurut American Academy of Dermatology Association (AADA), tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan tonjolan di kuku. Mereka mungkin tampak melengkung, dan lebih mudah terkelupas, pecah atau hancur. Pada beberapa pasien, kuku jari terangkat atau terbelah dari dasar kuku. Ini adalah kondisi yang disebut onikolisis atau kuku Plummer. Karena hormon tiroid mengontrol tingkat keringat, pasien dengan tiroid yang kurang aktif mungkin mengalami lebih sedikit keringat. Itu bisa membuat kuku, kulit dan rambut tampak kering.

Gejala lain dari hipotiroidisme

Tidak semua pasien yang menderita hipotiroidisme menderita masalah kesehatan yang sama. Tanda dan gejala bervariasi tergantung pada tingkat keparahan situasi. Berikut beberapa gejala lain dari hipotiroidisme adalah sebagai berikut:

Kelelahan

Peningkatan kepekaan terhadap dingin

Sembelit

Kulit kering

Penambahan berat badan

wajah bengkak

suara serak

Kelemahan otot

Peningkatan kadar kolesterol darah

Nyeri otot, nyeri tekan dan kaku

Nyeri, kaku atau bengkak pada persendian Anda

Haid tidak teratur

Menipiskan rambut

Detak jantung melambat

Depresi

Memori terganggu

Kelenjar tiroid membesar

Baca selengkapnya

Siapa yang berisiko?

Hipotiroidisme dapat disebabkan karena sejumlah faktor. Beberapa yang umum termasuk penyakit autoimun, perawatan hipertiroidisme, terapi radiasi, operasi tiroid dan obat-obatan tertentu. Orang-orang yang umumnya berisiko lebih besar terkena kondisi ini adalah:

Perempuan

Usia tua

Riwayat keluarga dengan penyakit tiroid

Kondisi autoimun

Radiasi ke leher atau dada bagian atas

Pernah menjalani operasi tiroid

Kehamilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro