Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Makanan untuk Turunkan Kolesterol, Sehatkan Jantung

Berikut daftar makanan terbaik yang ddapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung Anda akibat kolesterol tinggi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 April 2022  |  09:54 WIB
6 Makanan untuk Turunkan Kolesterol, Sehatkan Jantung
Semangka - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengetahui bahwa Anda memiliki kolesterol tinggi bisa menjadi hal yang luar biasa dan menakutkan karena Anda terus-menerus menyadari risiko yang mengancam dan perubahan yang perlu Anda lakukan.

Untungnya, para ahli percaya bahwa perubahan kecil dan berdedikasilah yang bisa membuat semua perbedaan dalam menurunkan kolesterol Anda.

"Ini bukan tentang menambah atau mengurangi kuning telur, yang mungkin merupakan informasi yang paling salah paham yang pernah Anda dengar terkait dengan menurunkan kolesterol, melainkan tentang berfokus pada mengadopsi diet yang lebih berkualitas sehingga seiring waktu, itu hanya menjadi cara Anda hidup dan tidak memerlukan usaha terus-menerus," kata pakar medis Laura Burak, MS, RD, penulis Slimdown with Smoothies, dan pendiri Laura Burak Nutrition melansir Eat This.

Dia memberikan tips menjaga kolesterol Anda agar jantung Anda lebih sehat.

Berikut daftar makanan terbaik yang ddapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung Anda akibat kolesterol tinggi.

1. Makan makanan utuh

Menambahkan makanan sehat dan utuh ke dalam diet harian Anda dapat membantu kadar kolesterol dan kesehatan Anda secara keseluruhan secara signifikan.

Pusatkan dasar diet Anda di sekitar makanan utuh bergizi seperti buah-buahan dan sayuran, dan lemak sehat jantung seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak seperti salmon, yang terbukti membantu meningkatkan lipid darah Anda,

2. Tambahkan gandum

Oat dikenal dengan daftar panjang manfaat kesehatannya, membantu hampir semua hal di bawah matahari seperti meningkatkan kesehatan usus Anda, membantu Anda mengatur berat badan, meningkatkan resistensi insulin, dan membantu menurunkan kolesterol.

Oat mengandung serat yang disebut beta-glukan, yang pada dasarnya membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh. Biji-bijian ini dapat ditambahkan ke banyak hidangan lain (bahkan meatloaf!) untuk membantu memberi diet Anda dorongan beta-glukan.

3. Hindari makanan olahan dan tambahan gula

Menjauhi gula tambahan dan makanan olahan juga dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan jantung Anda.

Makanan modern kita adalah kontributor utama kolesterol tinggi dan penyakit jantung, bukan makanan jahat seperti telur dan susu. Sangat penting untuk membatasi asupan makanan olahan dan gula tambahan seperti permen dan kue kering.

4. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat kuat, terutama untuk kesehatan jantung Anda.

Semangka adalah sumber alami likopen, karotenoid yang bila dikonsumsi setiap hari dalam dosis tertentu, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

Menurut hasil dari uji klinis yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition, makan semangka dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL dan peningkatan kolesterol HDL. Semangka menjadi tambahan yang nyaman untuk banyak hidangan dan merupakan camilan klasik yang menghidrasi yang disukai banyak orang. Plus, seluruh semangka dapat dimakan (termasuk kulitnya!), yang menjadikannya pilihan makanan yang berkelanjutan juga.

5. Buah beri untuk pencuci mulut

Sama dengan semangka, buah beri juga telah ditemukan untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dan khususnya kesehatan jantung Anda.

Data dari meta-analisis menunjukkan bahwa konsumsi berry secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL, menjadikannya pilihan yang jelas dalam menurunkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung kolesterol makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top