Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol saat Puasa

Beirkut 6 tips untuk menurunkan kadar kolesterol jahat saat puasa. Simak yuk!
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  13:18 WIB
Ilustrasi- Berbuka puasa di rumah. - Antara
Ilustrasi- Berbuka puasa di rumah. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa hari lalu, umat muslim akan kembali bertemu dengan bulan suci Ramadan. Bagi Anda yang ingin tetap sehat, berikut 6 tips menurunkan kadar kolesterol jahat saat puasa.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Namun, Anda tak perlu khawatir karena risiko tersebut sebenarnya dapat Anda kendalikan.

Anda dapat menurunkan kolesterol LDL "jahat" Anda dan meningkatkan kolesterol HDL "baik" Anda. Anda hanya perlu membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup sehari-hari, khususnya saat bulan Ramadan.

Suzanne Steinbaum, DO, ahli jantung yang hadir di Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan gaya hidup bukanlah segalanya. Gen Anda juga penting untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dia menuturkan beberapa orang mungkin masih perlu minum obat untuk mengembalikan kolesterol Anda agar kembali normal. Meski demikian, kebiasaan harian atau gaya hidup sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

"Jika Anda hanya membuat beberapa perubahan sederhana, Anda mungkin dapat menurunkan dosis obat dan kemungkinan efek samping," ujar Suzzane Steinbaum seperti dilansir dari WebMD, Senin (28/3/2022).

Berikut 6 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat saat Puasa

1. Hindari Lemak Trans (Lemak Jenuh)

“Lemak trans meningkatkan LDL Anda dan menurunkan HDL Anda. Lemak jenuh juga meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke,” kata Steinbaum.

Itu sebabnya FDA telah mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan lemak trans buatan dari pasokan makanan. Tapi sejumlah kecil lemak trans masih bisa ada di beberapa produk.

Jadi, ketika Anda berbelanja makanan, periksa label Fakta Gizi dan bahan-bahannya. Selama berpuasa, coba untuk mengurangi makanan yang digoreng atau diolah menggunakan minyak. Pilih hidangan yang dikukus atau direbus.

2. Turunkan Berat Badan

Anda tidak perlu menurunkan banyak berat badan untuk menurunkan kolesterol. Jika Anda kelebihan berat badan, turunkan hanya 10 pon dan Anda akan memotong LDL Anda hingga 8 persen. Tetapi untuk benar-benar menjaga berat badan, Anda harus melakukannya dari waktu ke waktu.

Target yang masuk akal dan aman adalah 1 hingga 2 pon seminggu. National Heart, Lung and Blood Institute mencatat bahwa sementara tidak aktif, wanita yang kelebihan berat badan biasanya membutuhkan 1.000-1.200 kalori setiap hari untuk menurunkan berat badan.

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Coba batasi pola makan Anda saat berbuka puasa. Perbanyak hidangan yang mengandung serat agar pencernaan makin lancar.

3. Olahraga Ringan

"Berolahraga setidaknya 2 1/2 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL dan meningkatkan LDL dan trigliserida," kata Sarah Samaan, MD, seorang ahli jantung di Plano.

Jika Anda merasa tak kuat untuk berolahraga saat puasa, mulailah dengan perlahan. Coba untuk berjalan kaki setidaknya 7.000-10.000 langkah per hari selama puasa. Selain itu, Anda juga bisa berolahraga ringan setelah berbuka puasa.

4. Perbanyak Serat

Hidangan khas berbuka puasa atau takjil, seperti gorengan, es campur, atau bubur sumsum, memang sulit untuk ditolak. Namun, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi serat seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan untuk menyerap kolesterol jahat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan 5 hingga 10 gram lebih banyak setiap hari mengalami penurunan LDL. Makan lebih banyak serat juga membuat Anda merasa kenyang, sehingga Anda tidak akan terlalu menginginkan camilan.

5. Pilih Minyak Zaitun

“Mengganti mentega dan minyak sawit dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen, yang mirip dengan efek obat dosis rendah,” kata Samaan.

Lemak "baik" dalam minyak zaitun bermanfaat bagi jantung Anda. Pilih minyak zaitun extra-virgin. Ini kurang diproses dan mengandung lebih banyak antioksidan, yang membantu mencegah penyakit.

6. Berhenti Merokok

“Merokok dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL, dan berhenti sering kali meningkatkan angka tersebut,” kata Samaan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang berhenti merokok melihat kolesterol "baik" mereka naik 5 persen dalam satu tahun. Jika Anda secara teratur berada di sekitar perokok, Anda harus tahu bahwa menghirup asap rokok setiap hari juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Cobalah untuk mengurangi bahkan jika memungkin untuk berhenti merokok pada puasa kali ini. Anda akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh ke depan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol Puasa tips puasa bugar
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top