Ilustrasi perempuan mengalami gejala Covid-19 yang mirip dengan gejala flu/Freepik
Health

10 Gejala Covid-19 yang Tidak Biasa

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 3 April 2022 - 08:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala. Yang paling umum adalah demam, batuk dan kelelahan.

Gejala lain termasuk:

Sesak napas atau kesulitan bernapas
Nyeri otot
Panas dingin
Sakit tenggorokan
Pilek
Sakit kepala
Sakit dada

Tetapi COVID-19 dapat menyebabkan gejala yang mungkin tidak Anda duga, termasuk:

1. Gejala pencernaan. COVID-19 dapat menyebabkan mual, muntah, atau diare — baik sendiri atau dengan gejala COVID-19 lainnya. Gejala pencernaan terkadang berkembang sebelum demam dan gejala pernapasan.

2. Kehilangan bau atau rasa. Hilangnya indra penciuman atau perasa baru – tanpa hidung tersumbat – adalah gejala awal yang umum dari COVID-19. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perubahan bau dan rasa sering hilang dalam 30 hari. Namun, pada beberapa orang, perubahan bau dan rasa sedang hingga parah dapat berlangsung selama 60 hari atau lebih.

3. Perubahan kulit. Perubahan kulit yang paling umum terkait dengan COVID-19 ringan hingga berat termasuk ruam datar yang ditutupi dengan benjolan kecil, area yang berubah warna pada jari tangan dan kaki (jari kaki COVID), dan gatal-gatal.

4. Jari kaki COVID tampaknya lebih umum pada anak-anak dan dewasa muda. Pembengkakan atau perubahan warna dapat terjadi pada satu atau beberapa jari kaki atau jari. Tangan, pergelangan tangan atau pergelangan kaki juga bisa terkena. Lepuh, gatal, kulit kasar, atau benjolan yang menyakitkan dapat terjadi. Sejumlah kecil nanah mungkin berkembang di bawah kulit. Gejalanya bisa berlangsung 10 sampai 14 hari atau berbulan-bulan.

Namun, jari tangan atau kaki yang bengkak dan berubah warna juga bisa menjadi chilblains, suatu kondisi kulit yang meradang. Chilblains berkembang sebagai respons terhadap paparan berulang terhadap udara dingin.

5. Kebingungan parah (delirium) mungkin merupakan gejala utama atau satu-satunya gejala COVID-19 pada orang tua. Gejala COVID-19 ini terkait dengan risiko tinggi hasil yang buruk, termasuk kematian.

6. Masalah mata. Mata merah (konjungtivitis) bisa menjadi gejala COVID-19. Penelitian menunjukkan bahwa masalah mata yang paling umum terkait dengan COVID-19 adalah sensitivitas cahaya, mata perih, dan mata gatal.

Tanda dan gejala COVID-19 dapat muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar. Mereka dapat berkisar dari ringan hingga parah. Jika Anda merasa mengalami gejala COVID-19, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro