Garam/istimewa
Health

Penting! Ini 6 Manfaat Air Garam, Hilangkan Bau Mulut

Aliftya Amarilisya
Senin, 4 April 2022 - 17:35
Bagikan

5 Manfaat Lain dari Mengonsumsi Air Garam

4. Redakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Umumnya, penderita akan merasa tenggorokannya menjadi gatal dan sakit ketika menelan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, Anda dapat melarutkan 1 sendok teh garam meja ke dalam 1 gelas air untuk berkumur.

5. Hilangkan bau mulut

Nafas tidak segar atau bau mulut bisa diakibatkan karena mulut kering dan penumpukan plak. Untuk menetralisirnya, buatlah obat kumur air garam dan berkumurlah selama satu menit sebanyak 3-4 kali per hari.

6. Atasi hidung tersumbat

Pilek atau hidung tersumbat yang disebabkan oleh sinusitis, rhinitis, alergi, maupun flu, dapat diatasi dengan menggunakan air garam. Caranya, mencampurkan setengah sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Kemudian, isikan larutan tersebut ke dalam alat suntikan (tanpa jarum).

Selanjutnya, bersandarlah ke wastafel dengan memiringkan kepala. Semprotkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Diamkan hingga larutan mengalir keluar dari lubang hidung. Bernapaslah melalui mulut selama proses ini.

7. Obati kutu air

Garam mengandung efek antijamur dan antibakteri alami. Oleh karenanya, ia bisa mengatasi kutu air dengan cara merendam kaki menggunakan air garam selama sekitar 20 menit. Setelah itu, keringkan kaki.

8. Redakan sembelit

Air garam juga bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami dengan cara diminum saat perut dalam keadaan kosong. Akan tetapi, manfaat ini hanya akan diperoleh, jika Anda memanfaatkan garam tertentu, seperti garam Himalaya atau garam Epsom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro