Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Meredakan Migrain

Migraini bisa sangat mengganggu aktivitas. Stres juga bisa menjadi salah satu pemicu terbesar migrain.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 07 April 2022  |  18:03 WIB
Beberapa gejala sinusitis antara lain sakit kepala, gejala flu lebih dari seminggu, warna lendir berubah, dan nyeri pada wajah dan area sinus (rongga udara dibalik tulang wajah).  - rsmitrakeluargategal
Beberapa gejala sinusitis antara lain sakit kepala, gejala flu lebih dari seminggu, warna lendir berubah, dan nyeri pada wajah dan area sinus (rongga udara dibalik tulang wajah). - rsmitrakeluargategal

Bisnis.com, JAKARTA – Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut parah atau sensasi berdenyut yang biasanya terjadi di satu sisi kepala. Migrain juga sering disertai dengan mual, muntah, dan sensitifitas ekstrim terhadap cahaya dan suara. 

Serangan migrain dapat berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari, dan rasa sakitnya bisa sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Simak 6 langkah meredakan migrain:

1.Hindari Berbagai Sumber Cahaya yang Mencolok

Apakah cahaya kerap membuat Anda meringis kesakitan? Bisa jadi Anda adalah salah satu dari sekian banyak penderita migrain yang memiliki kepekaan terhadap cahaya, yang disebut fotofobia. Ketika migrain melanda, Anda bisa mematikan beberapa sumber cahaya di beberapa bagian rumah, dan mengenakan kaca mata hitam jika hendak bepergian keluar untuk mengurangi sorotan sinar matahari.

2. Disiplin Mengatur Jadwal Makan dan Istirahat

Kata kuncinya adalah “biasa”. Pilih waktu yang ditentukan untuk tidur dan bangun setiap hari. Pastikan pola makan Anda teratur dan memiliki jadwal makan yang terstruktur. Jangan lupa untuk membuat jadwal olahraga Anda. Konsistensi membantu tubuh Anda mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya dan dapat mengurangi potensi serangan migrain.

3. Kelola Stres Anda

Stres adalah salah satu pemicu terbesar pada migrain. Lakukan hal-hal yang dapat meningkatkan ketenangan hidup Anda, seperti duduk di taman, menghirup aroma terapi, atau bahkan sekedar mencurahkan perasaan pada jurnal. Bebaskan jadwal Anda dan luangkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai. 

4. Kompres atau Mandi Air Hangat

Kompres hangat, mandi uap, atau berendam di bak mandi dapat meredakan ketegangan otot yang mungkin menambah rasa sakit migrain Anda.

5. Mengurangi Waktu Menatap Layar Ponsel

Cahaya biru biasanya merupakan warna yang paling sulit untuk ditangkal ketika Anda mengalami migrain. Itulah warna yang terpancar dari komputer dan smartphone Anda. Jadi menjauhlah dari layar ketika Anda merasakan migrain datang.

6. Atur Pernapasan

Mengatur pernapasan setidaknya selama 10 menit dapat membantu Anda mengurangi rasa tak karuan yang muncul akibat migrain. Hal tersebut dapat membanjiri tubuh Anda dengan ketenangan dan dapat menurunkan stres Anda. Otot pada tubuh akan berelaksasi saat Anda menarik dan menghembuskan napas untuk melepaskan semua ketegangan Anda.

7. Tetap Aktif Menggerakan Tubuh

Memastikan tubuh tetap aktif dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental Anda. Dengan menggerakkan tubuh Anda akan melepaskan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan menurunkan tingkat stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migran tips sehat sakit kepala
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top