Pesan WhatsApp
Fashion

6 Kesalahan yang Perlu Anda Hindari Saat Memakai WhatsApp

Robby Fathan
Kamis, 7 April 2022 - 16:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan paling populer saat ini, namun penggunanya kerap melakukan sejumlah kesalahan penggunaan aplikasi yang dapat berakibat buruk pada mereka.

The Sun telah mengumpulkan beberapa kesalahan paling sederhana yang harus Anda waspadai berikut ini:

1. Kunci Whatsapp

Mengunci WhatsApp Anda secara terpisah ke Handpone Anda sangat penting. Itu berarti orang yang menggunakan ponsel Anda tidak dapat membaca teks Anda.

Untuk mengatur ini, Anda harus menuju ke pengaturan WhatsApp Anda, Kemudian klik "Akun" dan kemudian "Privasi".Dari sini, Anda dapat mengaktifkan "Kunci Layar" dengan Touch ID atau ID Wajah. Anda juga dapat memilih durasi waktu kapan ID diperlukan lagi.

2. Teks Whatsapp yang menghapus sendiri

WhatsApp juga memiliki fitur yang baru ditambahkan yang secara otomatis akan menghilangkan teks baru setelah sehari.

Pembaruan baru ini bertujuan untuk meningkatkan privasi Anda dengan menghilangkan pesan WhatsApp lama.

Anda dapat menyetel Pesan Menghilang agar aktif secara otomatis untuk semua obrolan baru tanpa memengaruhi percakapan yang ada.

Dan dua durasi baru telah ditambahkan untuk Disappearing Messages, 24 jam dan 90 hari, Jadi sekarang Anda dapat memilih dari empat opsi secara total: 24 jam, 7 hari, 90 hari, atau Nonaktif.

Buka Pengaturan > Akun > Privasi, lalu nyalakan Pengatur Waktu Pesan Default.

Fitur ini baru diluncurkan beberapa minggu yang lalu, jadi pastikan Anda telah memperbarui WhatsApp ke versi terbarunya.

Ingatlah bahwa sistem ini tidak sempurna. Seseorang masih dapat mengambil tangkapan layar atau menyalin teks Anda untuk merekamnya. Jadi, jika Anda benar-benar ingin menyimpan sesuatu dari internet, pertimbangkan untuk tidak mempostingnya – kecuali jika Anda mengirim pesan kepada seseorang yang benar-benar Anda percayai.

3.  Jangan kirim kode Whatsapp Anda ke siapapun

Ada penipuan pintar yang perlu Anda waspadai.

Ancaman itu ada pada kode verifikasi enam digit yang diberikan WhatsApp ketika Anda ingin mendapatkan kembali akses ke akun Anda.Ini juga melibatkan peretas yang mengendalikan salah satu akun WhatsApp kontak Anda dan mengirim pesan kepada Anda yang berpura-pura menjadi mereka.

Peretas akan mengirim pesan berpura-pura menjadi teman Anda pada saat yang sama ketika Anda menerima SMS atau email dari WhatsApp dengan kode verifikasi yang diminta peretas dengan berpura-pura menjadi Anda.

Kode ini hanya diberikan ketika Anda mencoba dan membuat perubahan pada akun Anda.

Peretas - menyamar sebagai teman Anda yang akan berpura-pura tidak sengaja meminta kode verifikasi untuk dikirim ke nomor Anda dan akan meminta Anda untuk mengirimkannya.

Jadi, Anda tidak boleh membagikan kode enam digit dengan siapa pun. Jika Anda melakukannya, peretas akan dapat mengambil alih akun Anda.

Anda tidak akan lagi memiliki akses ke akun Anda dan peretas dapat mencoba menipu teman-teman Anda dan membaca pesan pribadi Anda.

Jika Anda mendapatkan pesan yang mencurigakan dari seorang teman, cobalah menelepon mereka untuk melihat apakah Anda dapat berbicara dengan mereka secara langsung dan memverifikasi apa yang sedang terjadi.

4. Menonaktifkan penyimpanan otomatis media

Pastikan WhatsApp Anda tidak menyimpan semua file media ke penyimpanan ponsel Anda.

Buka WhatsApp, klik "Pengaturan" dan kemudian "Penyimpanan dan Data".

Kemudian klik "Obrolan" dan matikan sakelar yang disebut "Simpan ke Rol Kamera".

Anda juga dapat menghentikan media pengunduhan aplikasi dari obrolan individu.

Cukup buka obrolan yang diinginkan, klik judulnya di bagian atas dan ubah pengaturan melalui opsi "Simpan ke Rol Kamera".

5. Siapkan Verifikasi dua faktor

Anda harus mengaktifkan verifikasi dua langkah sekarang. Ini adalah langkah ekstra untuk memverifikasi nomor telepon Anda, untuk membantu mencegah peretas.

Peretas secara teratur mencoba membobol akun WhatsApp, Membajak akun WhatsApp adalah cara mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari teman dan keluarga Anda, memungkinkan penipuan yang lebih jahat untuk dilakukan.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka Pengaturan > Akun dan alihkan pengaturan ke Aktif.

6. Kunci pengaturan grup Anda

Ada pengaturan untuk menghentikan orang asing menambahkan Anda ke grup.

Buka Pengaturan WhatsApp, lalu Akun, lalu Privasi, lalu Grup, Sekarang Anda dapat memilih siapa yang dapat mengirimi Anda undangan grup, Pilihan Anda adalah Semua Orang, Kontak Saya, dan Kontak Saya Kecuali.

Opsi pertama adalah yang paling terbuka, memungkinkan siapa saja yang memiliki nomor telepon Anda untuk mengundang Anda. Jadi, sebaiknya Anda memilih salah satu dari dua opsi lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro