Aneka buah beri/Modernfarmer
Health

5 Makanan Sehat Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 11 April 2022 - 13:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengontrol asupan yang masuk ke dalam tubuh adalah cara yang tepat agar tetap memiliki energi saat puasa di bulan Ramada.

Dengan demikian, Anda dapat memperhitungkan nutrisi dalam sepiring makanan yang akan dikonsumsi. Mengutip dari Times Now News pada Senin (11/4/2022), mengonsumsi makanan bernutrisi tidak hanya diperlukan saat sahur, tetapi juga ketika berbuka puasa.

Simak beberapa makanan yang bisa dikonsumsi setiap saat sebelum dan setelah berpuasa:

1. Berries

Makanan kaya flavonoid ini adalah salah satu buah paling populer. Ini karena ukurannya yang kecil dan sarat dengan rasa, buah beri bisa menjadi pilihan camilan yang sangat baik. Buah beri juga merupakan sumber antioksidan dan dapat membantu kesehatan kulit. Beberapa buah beri yang dapat Anda konsumsi adalah stroberi, blueberry, blackberry, dan lain sebagainya.

2. Sayuran Cruciferous

Puasa seringkali dapat menyebabkan sembelit, salah satu masalah pencernaan yang paling mengganggu. Namun, dengan makan sayuran kaya serat dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus mendukung kesehatan secara keseluruhan. Beberapa sayuran cruciferous yang dapat Anda konsumsi adalah kubis, kembang kol, brokoli, dan lain sebagainya.

3. Kacang-kacangan

Lemak penting untuk mengatur fungsi-fungsi penting tubuh. Kacang-kacangan merupakan sumber lemak sehat dan harus dikonsumsi secara teratur. Beberapa varietas kacang yang dapat Anda konsumsi adalah almond, kenari, kacang tanah, dan lain sebagainya.

4. Kaldu Tulang 

Saat mencoba melewati waktu berjam-jam tanpa atau sedikit asupan makanan, tubuh cenderung mulai kehilangan energi. Hanya minum air pun terkadang tidak cukup. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan kaldu. Cairan ini tidak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan hidrasi Anda, tetapi juga dapat membantu menyediakan nutrisi penting bagi tubuh.

5. Makanan Laut

Untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, Anda perlu menambahkan makanan laut ke dalam makanan. Ini juga merupakan sumber yang kaya akan lemak sehat dan konsumsi yang sama dalam jumlah sedang dapat memiliki banyak manfaat kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro