Stroberi/greenwells.com
Kuliner

5 Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Enak

Robby Fathan
Senin, 18 April 2022 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan yang lebih tinggi protein adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan karena ini adalah makronutrien yang paling mengenyangkan, menurut beberapa penelitian.

Penelitian dari Universitas Missouri telah mengkonfirmasi bahwa protein meningkatkan produksi beberapa hormon yang terkait dengan rasa kenyang

"Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat, Ini juga mengurangi kadar hormon lapar ghrelin dan meningkatkan kadar Peptida YY (PYY), protein yang memberi tahu Anda kapan Anda kenyang." ucap Dr. Michael Mosley

Sumber protein terbaik adalah daging, unggas, ikan, makanan olahan susu, telur, dan tahu. Jika Anda kesulitan memenuhi target protein melalui makanan Anda, dapatkan manfaat bubuk protein setiap hari dengan membuat shake dengan salah satu bubuk protein terbaik .

Makanan yang tinggi serat juga merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan tetapi sekitar 90 persen dari kita tidak mendapatkan asupan serat harian yang direkomendasikan sebanyak 30 gram, menurut penelitian oleh Texas Woman's University.

Selain membantu sistem pencernaan, karbohidrat nabati memainkan peran besar dalam membuat kita kenyang karena memperlambat proses lambung dan meningkatkan waktu pencernaan. Jadi, perbanyak makanan berserat tinggi termasuk beras merah, roti gandum, serta buah dan sayuran.

Berikut makanan yang baik untuk menurunkan berat badan :

1. Kacang-kacangan dan Bji-bijian

Kacang adalah camilan yang enak dan hanya segenggam sehari sudah cukup untuk memberikan banyak manfaat nutrisi. “ Makan kacang dapat membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan rasa kenyang rasa kenyang setelah makan,” kata ahli diet Dr Carrie Ruxton .

Kacang kastanye mengandung lemak dan kalori terendah, dan kacang almond merupakan camilan sehat yang luar biasa studi yang dilakukan oleh Penn State University menemukan bahwa makan segenggam almond setiap hari, alih-alih camilan berkarbohidrat tinggi dengan kalori yang sama, membantu mengurangi lemak perut, dan meningkatkan kolesterol secara signifikan.

2.  Berry

Dari blueberry dan stroberi hingga blackberry, cranberry, dan raspberry, ini adalah makanan super alami dan juga makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan

Segar atau beku, mereka rendah kalori dan tinggi serat, dan tidak akan membuat gula darah Anda melonjak," kata Dr Joan Borysenko , ahli biologi sel dan penulis The PlantPlus Diet Solution.

3.  Cokelat

Sementara banyak orang mencari saran terbaik tentang cara berhenti makan cokelat , kabar baiknya adalah bahwa menggigit cokelat tidak akan menggagalkan diet Anda. Dan, yang mengejutkan, itu juga bisa membantu Anda tetap kenyang. 

Tapi, Anda harus tetap memilih dark chocolate dengan kandungan kakao yang tinggi, bukan milk chocolate. Ini karena kakao padat nutrisi dan dikemas dengan antioksidan. "Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, memerangi arteri yang tersumbat, dan mengurangi risiko stroke," kata Dr Borysenko. 

Penelitian oleh Kingston University menemukan bahwa makan 40 gram cokelat selama dua minggu meningkatkan kinerja selama latihan singkat dengan intensitas sedang.

4.  Yoghurt

Makanan fermentasi adalah makanan yang telah melalui proses pengawetan alami untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik. Makanan dalam kelompok ini termasuk asinan kubis, kimchi, kombucha, miso kefir, dan yogurt dengan kultur hidup.

“Ketika makanan ini dimakan, bakteri baik bertindak sebagai probiotik dan membantu mendukung mikrobioma usus kita secara alami,” jelas ahli gizi Nicola Shubrook dari Urban Wellness . Ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan pencernaan dan membantu mencegah kembung , gas yang berlebihan, dan buang air besar yang tidak normal.

5. Alpukat

Ketika berbicara tentang penurunan berat badan, apa yang disebut "lemak sehat". Ini adalah lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda, penelitian yang terkait dengan Universitas Harvard menjelaskan, dan mereka sering ditemukan dalam sayuran seperti alpukat, di samping minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan.

Lemak tak jenuh ini tidak hanya membantu membuat Anda kenyang lebih lama, seperti halnya protein dan serat, tetapi juga membantu menjaga kadar gula darah Anda seimbang dan pada gilirannya, kadar insulin Anda. Ini berarti Anda cenderung tidak mengalami mengidam gula , perubahan suasana hati dan periode energi rendah — yang semuanya mengarah pada dorongan untuk makan makanan yang tidak sehat. 

"Alpukat juga mengandung serat larut dan tidak larut yang memberi makan mikroba usus, dan membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan," kata Dr Borysenko. 

Lengkapi roti panggang pagi Anda dengan avo atau campur salad makan siang dengan 146g makanan super ini yang mengandung sekitar 10g serat dan Anda sudah siap untuk mencapai target 30g Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro